Setelah Bentuk Posko di Jabar, Relawan Anies Baswedan Lebarkan Sayap se-Indonesia

JABAR EKSPRES – Langkah para Relawan Anies Baswedan kian moncer usai koalisi pengusung Calon Presiden Republik Indonesia 2024 telah menyepakati piagam kerjasama tiga partai politik antara NasDem, PKS dan Demokrat dengan membentuk Koalisi Persatuan untuk Perubahan (KPP) yang akan mendeklarasikan Anies Baswedan, sebagai calon presiden yang diusung untuk bertarung diajang pemilihan presiden 2024 mendatang.

Diketahui, dukungan Anies Baswedan terus mengalir dari para relawan yang lahir secara sukarela, terstruktur dan dibentuk berdasarkan inisiatif para individu masyarakat.

Aly Yusuf dari Jaringan Nasional Anies (Jarnas) Bersama Anies Kami Siap (Beraksi)  menyebut, pihaknya semakin masif melakukan upaya guna meningkatkan elektabilitas Anies Baswedan, dengan mengadopsi kearifan lokal dan potensi sumberdaya yang dimiliki relawan agar mudah diterima masyarakat.

Menurutnya, hingga saat ini telah banyak lahir relawan pendukung Anies Baswedan yang bergerak secara aktif dan mandiri turun ke masyarakat.

“Itu sebagai bukti dan partisipasi nyata keinginan kuat masyarakat akan adanya perubahan di negeri ini,” katanya kepada wartawan di Bogor pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Ia mengungkapkan, besarnya potensi dan sumberdaya yang dimiliki oleh para relawan Anies Baswedan tersebut, maka dilakukan sinergisitas antar relawan dengan membentuk forum komunikasi (Forkom) simpul relawan Anies Baswedan, yang beranggotakan 197 simpul relawan yang ada di Indonesia.

“Forkom ini pun telah terbentuk di Jawa Barat dengan beranggotak 67 simpul relawan dari berbagi lapisan dan segmen masyarakat dan telah melakukan beberapa kali musda yang menghasilkan beberapa poin rekomendasi,” jelasnya.

Dirinya menerangkan, ada beberapa poin rekomendasi penting yang bisa menjadi panduan para simpul relawan dalam melakukan sosialisasi di masyarakat.

Antara lain, menyusun data base relawan untuk keperluan ‘saksi semesta’ di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kemudian, membuat strategi dan program aksi bersama antar simpul dan partai politik dengan prinsip sinergi dan kolaborasi.

Dan poin ketiga, sambung dia, adalah membentuk posko pemenangan Anies Baswedan.

“Jadi ketiga poin tersebut harus secepatnya dilaksanakan di lapangan dengan melakukan kolaborasi antar partai politik pengusung Anies Baswedan,” sebutnya.

Aly membeberkan, bentuk penyampaian poin rekomendasi tersebut digaungkan melalui program Nganjang Politik yang akan dilakukan para simpul relawan ke Partai Nasdem, PKS dan Demokrat di masing-masing wilayah dimana simpul berada.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan