Selama Ramadan, Pemprov Jabar Siapkan Sederet Program Religi hingga Kemanusiaan di Seluruh Kabupaten dan Kota

JABAR EKSPRES – Selama bulan suci Ramadan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menyediakan berbagai macam kegiatan mulai dari program ibadah hingga kemanusiaan di seluruh kabupaten dan kota.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Jabar, Dedi Supandi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sama seperti Ramadhan di tahun sebelumnya.

Bahkan dalam itu juga, Dedi mengatakan bahwa Pemprov Jabar akan mengawalinya dengan kegiatan Tarling atau biasa disebut Taraweh Keliling yang dilakukan oleh forum Komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Jabar.

“Forkopimda melakukan Tarling pertama di Masjid Raya Al Jabbar kemudian nanti akan berkeliling di sejumlah tempat, ada juga yang dilakukan di kota dan kabupaten,” ucapnya di Bandung, Jumat 24 Maret 2023.

Selanjutnya, Pemprov Jabar juga menurut Dedi akan melaksanakan kegiatan subuh berjamaah di seluruh masjid di Kabupaten Kota dengan dibarengi sahur bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

“Disitu nanti juga sekaligus kita akan melakukan pemberian santunan di rumah warga yang tidak mampu, bantuan paket ramadhan pada saat acara rangkaian Bulan Berbagi On Street (BUBOS) 7,” ujarnya

Tak hanya itu, ragam kegiatan lomba mulai dari lomba adzan, Da’i Cilik, Tahfidz Juz 30 untuk anak-anak, hingga Lomba Design Masjid dan Kaligrafi, Dedi menambahkan akan dilakukan juga di seluruh kabupaten kota.

“Kita juga ada kegiatan berbagi, menumbuhkan simpati dan empati kita kepada sesama, dengan kegiatan Rantang Pramuka dan Rantang Siswa. Dibarengi dengan Gerakan Infak Massal, wakaf Alquran, sampai penulisan mushaf Alquran serentak. Bahkan kita pun ada Forkopimda berbagi,” tuturnya

Bahkan Dedi menuturkan, edukasi Islam juga akan terus dilaksanakan di tahun ini seperti Ajengan Masuk Sekolah, siswa mondok di pesantren, hingga program pesantren digital khusus anak-anak sekolah.

“Jadi semua kegiatan itu akan kita laporkan dan paparkan pada Puncak BUBOS 7 pada 13 April 2023 nanti,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan