Legenda Basket NBA Willis Reed! Meninggal pada Usia 80 Tahun

JABAR EKSPRES – Willis Reed, mantan pemain bola basket NBA sekaligus anggota Hall of Fame. Meninggal dunia pada usia 80 tahun pada hari rabu WIB kemarin. Reed memenangkan 2 kejuaraan NBA bersama tim New York Knicks pada tahun 1970 dan 1973. Serta dinobatkan sebagai pemain paling berharga (MVP) pada musim 1969-1970.

Orang-orang menganggap dia sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah bermain untuk Knicks. Dengan nomor punggungnya #19 pensiunkan dan tergantung di langit-langit lapangan Madison Square Garden.

BACA JUGA: Profil Julian Nagelsmann! Pelatih Muda Yang Sukses

Reed sebagai sosok pemain yang menginspirasi ketika pada game ketujuh final NBA 1970. Ia tetap bermain meski mengalami cedera pada game sebelumnya. Reed mencetak 2 angka pertama untuk Knicks dan bermain selama 27 menit. Membantu Knicks mengalahkan Los Angeles Lakers dan meraih kejuaraan NBA pada tahun tersebut.

Sementara Willis Reed, yang berasal dari Louisiana, AS, memulai karirnya di NBA pada tahun 1964 setelah dipilih di putaran kedua oleh Knicks. Dia adalah seorang pemain universitas yang luar biasa di Grambling State.

Berikut setelah pensiun dari karir bermainnya pada tahun 1974. Kemudian Reed tetap terlibat dalam olahraga basket dengan menjabat sebagai pelatih, asisten pelatih, dan manajer tim di beberapa tim, termasuk Knicks, Creighton University, New Jersey Nets, Atlanta Hawks, Sacramento Kings, dan New Orleans Hornets.

BACA JUGA: Kisah Membaiknya Permusuhan! Kevin Garnett dan Ray Allen

Kemudian Reed diakui oleh para ahli sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah keluar dari perguruan tinggi dan universitas hitam di AS. Selain itu, ia juga menjadi anggota tim NBA 50th dan 75th Anniversary. Serta diabadikan sebagai nama trofi untuk juara divisi barat daya NBA.

Komisioner NBA, Adam Silver, menyebut Reed sebagai pemain yang memiliki semangat dan determinasi dalam permainannya, termasuk comeback epiknya pada game ketujuh final NBA 1970.

Willis Reed meninggalkan seorang istri, Gale, dan keluarga serta banyak penggemar dan teman-teman yang berduka atas kepergiannya. Knicks mengeluarkan pernyataan mengenai meninggalnya Reed.

BACA JUGA: Kondisi Cedera Paul George! Picu Kekhawatiran Untuk Clippers

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan