Ridwan Kamil Minta 147 DKM Al Jabbar Makmurkan Masjid

BANDUNG – Sebanyak 174 Dewan Kemakmuran Masjid atau DKM Al Jabbar dilantik oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pada Senin 20 Maret 2023.

Emil sapaan akrabnya menjelaskan, 147 DKM Al Jabbar ini meliputi dari unsur pemerintah, para ulama, hingga aktivis masjid di Jawa Barat.

“Untuk ketua DKM Al Jabbar jabatan gubernur, maka ini akan berlangsung satu tahun sampai nanti periode ke duanya gubernur yang definitif berikutnya dikalikan 5 tahun,” ujar Emil di Masjid Raya Al Jabbar, Senin (20/3).

Dengan dilantiknya 147 DKM Al Jabbar, nantinya menurut Emil segala dinamika lapangan yang terjadi di Al Jabbar dapat diselesaikan secara cepat.

“Satu harapannya bisa memakmurkan masjid se- makmur-makmurnya, kemudian mempromosikan masjid yang istimewa ini karena tidak hanya tempat solat, tapi ada juga museum galeri Rasullullah dan sejarah Islam yang akan dibuka di hari pertama Ramadan,” ungkapnya.

Selain itu, penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) juga menurut dia, akan menjadi sesuatu hal yang penting bagi DKM Al Jabbar.

Pasalnya Emil mengatakan dari ribuan PKL yang berdagang di Al Jabbar, hanya sekitar 300 yang merupakan warga asli Cimincrang.

“Warga Cimincrang nya sendiri sekitar 300 an, diluar itu warga luar dan yang pasti jumlahnya tidak akan terbatas,” ungkapnya.

Maka terkait dengan penataan PKL ini, Emil menuturkan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan Kodim Kota Bandung, dan beberapa unsur kemanan lainnya.

“Sehingga kalau dengan pihak ke tiga yang mempunyai kewenangan mengatur ketertiban, keamanan, pertahanan dan lain sebagainya, karena ini akan didaftarkan sebagai objek vital negara. Dan kalau sudah masuk objek vital, maka penguatan TNI polri sangat dibutuhkan,” pungkasnya. (san)

Tinggalkan Balasan