Cara Buat Watermark Pada Scan KTP, Lakukan Langkah Ini Untuk Hindari Penyalahgunaan

JABAR EKSPRES – Cara buat watermark pada scan KTP atau Kartu Tanda Penduduk sudah diumumkan oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi atau Kominfo agar masyarakat terhindar dari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Seperti diketahui bahwa pada beberapa waktu lalu Kominfo mengimbau masyarakat untuk memahami cara buat watermark pada scan KTP agar terhaindar dari penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA: Cara Hapus KTP di Pinjol, Lakukan Langkah Ini Agar Data Pribadi Tak Disalahgunakan!

Kemudian Kominfo juga berharap dengan masyarakat mengetahui cara buat watermark pada scan KTP bisa membantu masyarakat merasa lebih aman dalam bertransaksi secara online atau memanfaatkan layanan digital.

Kominfo menilai bahwa KTP merupakan data identitas remi masyarakat yang harus dilindungi.

Pasalnya, penyalahgunaan KTP bisa merugikan pemiliknya seiring maraknya kasus penipuan.

BACA JUGA: Rp10 Juta Pinjam Uang di DANA Tanpa KTP dan KK, Ini Caranya

“Karena KTP atau dokumen penting lainnya memang seringkali digunakan untuk memverifikasi berbagai hal, kita harus antisipasi kalau ada orang yang menyalahgunakan data kita nih,” kata Kementerian Kominfo melalui akun Instagram resminya, dikutip JabarEkspres.com pada Senin, 20 Maret 2023.

Sementara itu, Kominfo menegaskan bahwa pihak yang meminta data KTP harus memastikan bahwa tidak menyalahgunakan informasi yang tertera.

Pihak yang meminta data tersebut, lanjuutnya hanya sekadar untuk verifikasi dan tidak ada niat jahat, maka pasti akan diterima bukti scan KTP dengan watermark.

BACA JUGA: Tanpa KTP! Pinjaman Saldo DANA Langsung Cair Rp 13 Juta

Akan tetapi, apabila penerima tetap meminta scan tanpa watermark, perlu diwaspadai dan segera meminta konfirmasi terhadfap pihak bersangkutan.

Untuk menghindari pemnyalahgunaan identitas pribadi Kominfo memberikan informasi mengenai cara buat watermark pada scan KTP seperti berikut ini.

Cara Buat Watermark Pada Scan KTP

1. Foto KTP secara jelas atau dengan kualitas yang baik

2. Buka aplikasi edit foto, bisa melalui fitur ponsel yang tersedia atau memilih aplikasi seperti Phonto, PicsArt, atau bahkan Instagram Story

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan