Jelang Ramadan, Komoditas Merangkak Naik

BANDUNG – Pemandu kebijakan di lingkungan Pemerintah Kota Bandung belum ada yang berhasil menjaga kestabilan harga menjelang Ramadan setiap tahunnya. Setiap menjelang Ramadan, sejumlah kebutuhan pokok masyarakat selalu mengalami kenaikan harga.

Tak terkecuali mendekati bulan suci Ramadan 1445 Hijriah atau 2023, sejumlah harga kebutuhan bahan pokok masyarakat di Kota Bandung mengalami kenaikan.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi mengatakan, kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat setiap mendekati bulan suci Ramadan merupakan fenomena klasik yang kerap terjadi setiap tahun.

“Karena menjadi hal yang selalu terjadi, maka perlu diantisipasi dan disikapi oleh pemerintah melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian,” kata Acuviarta kepada Jabar Ekspres melalui seluler, Kamis (16/3).

Melalui informasi yang berhasil dihimpun Jabar Ekspres, harga komoditas cabai rawit merah, cabai rawit domba serta bawang merah di pasaran wilayah Kota Bandung mengalami kenaikan.

Hangatnya isu mengenai kenaikan harga komoditas jelang Ramadan, tabung gas 3 kilogram pun turut menjadi sorotan dan cukup jadi ke khawatirkan oleh masyarakat.

“Kalau pun nantinya tabung gas 3 kologram mengalami kenaikan saat Ramadan, sangat memungkinkan, cuman jangan sampai peredarannya melebihi aturan Harga Eceran Tertinggi (HET),” ujarnya.

Acuviarta menyampaikan, guna meminimalisir terjadinya harga yang melonjak hingga langkanya sejumlah kebutuhan pokok, maka Disdagin Kota Bandung perlu segera melakukan pemantauan ke lapangan.

“Jangan sampai menyusahkan masyarakat. Apalagi tabung gas 3 kilogram ini menjadi salah satu kebutuhan utama warga,” ucapnya.

Acuviarta menerangkan, untuk pendistribusian tabung gas 3 kilogram, perlu dilakukan pemantauan oleh pemerintah guna subsidi yang digunakan benar-benar tepat sasaran hanya bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

“Disdagin Kota Bandung juga upayakan terus melakukan operasi pasar murah, itu menurut saya sangat membantu masyarakat apalagi di masa-masa seperti sekarang jelang Ramadan, setiap kebutuhan sangat berpotensi alami kenaikan,” tukasnya.

 

Jelang Ramadan, Disdagin Sediakan Harga Murah di Pasar Murah

 

Sementara itu, Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian, Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa memaparkan, melalui pemantauan lapangan saat ini yang sudah mulai mengalami kenaikan harga ada di komoditas cabai rawit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan