Hasil dari Proses Panjang, Pemkot Cimahi Berkomitmen Bakal Pertahankan Penghargaan UHC

JABAR EKSPRES – 99,12 persen warga Kota Cimahi sudah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal itu yang membuat Pemerintah Daerah Kota Cimahi mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari pemerintah pusat.

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan diterima langsung oleh Pejabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dikdik S Nugraha di Jakarta, Selasa (14/3).

Dalam kesempatan itu, Dikdik mengaku sangat berkesan dan bersyukur atas pengharaan yang diraih. Menurutnya, penghargaan UHC yang didapat merupakan hasil dari proses yang panjang.

Sehingga, pada Maret 2023, jumlah penduduk yang telah terdaftar sebagai Peserta JKN bisa mencapai 562.160 jiwa.

”Sebanyak 99,12 persen warga sudah tercover JKN. Ini sebagai bukti kalau APBD pro rakyat khususnya di bidang kesehatan,” terang Dikdik melalui siaran tertulis yang diterima Jabarekspres.com, Jumat (17/3).

Dia menjelaskan, APBD Kota Cimahi memungkinkan membiayai warga kurang mampu untuk berobat di layanan fasilitas kesehatan yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Dia melanjutkan, bagi warga kurang mampu peserta BPJS dengan program PBI yang ingin pengobatannya tercover di fasilitas kesehatan yang bekerja sama denganBPJS Kesehatan, maka warga tersebut hanya memerlukan SKTM dan KK saja.

”Untuk peserta JKN dengan program PBI iuran setiap bulannya ditanggung pemerintah,” ucapnya.

Dikdik menyatakan, penghargaan tersebut patut disyukuri. Pihaknya juga berterima kasih kepada pihak dewan yang mendukung pembiayaan daerah untuk program UHC.

”Terima kasih juga kepada DPRD Kota Cimahi karena memiliki persepsi yang sama dan seirama dalam menunjukkan keberpihakan anggaran yang pro rakyat khususnya di bidang kesehatan,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar mengatakan jika jumlah penduduk yang telah terdaftar sebagai Peserta JKN di Kota Cimahi dapat terus bertambah sesuai jumlah peserta terdaftar.

Lewat capaian saat ini, pihaknya bersama Pemerintah Daerah Kota Cimahi berharap agar pemerataan kesejahteraan khususnya di bidang jaminan kesehatan semakin meningkat dan dapat dirasakan nyata oleh seluruh masyarakat.

Cecep pun mengapresiasi langkah konsisten Pemkot Cimahi, khususnya kepada Pj Wali Kota Cimahi yang telah memberikan dukungan secara berkelanjutan terhadap implementasi program jaminan kesehatan di Indonesia, khususnya di Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan