Polres Cimahi Musnahkan Ribuan Knalpot Brong

JABAR EKSPRE – Pemusnahan barang bukti knalpot brong atau knalpot bising hasil razia anggota Satlantas Polres Cimahi dan jajaran Polsek di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) digelar di Halaman Gedung BKPB Mapolres Cimahi, Kamis (16/3/2023).

Pemusnahan ribuan knalpot brong tersebut dilakukan secara simbolis dengan cara digilas menggunakan dua alat berat, serta sisanya menggunakan gerinda, setelah kondisi knalpot hancur langsung dilakukan penguburan tepat di halaman depan gedung BPKB Satlantas Polres Cimahi.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengungkapkan, jika selama tiga bulan pihaknya dengan pihak terkait melakukan tindakan razia terhadap penggunaan knalpot bising yang dinilai kerap meresahkan masyarakat baik di jalan maupun saat melintasi permukiman.

“”Knalpot brong ini semuanya hasil razia selama tiga bulan oleh jajaran Satlantas maupun Polsek, dan berhasil menyita 1.173 knalpot bising atau brong dan langsung kami musnahkan, sedangkan untuk pengendaranya kami berikan sanksi berupa tilang ETLE,” ungkap Aldi disela sela pemusnahan di halaman Gedung BPKB Polres Cimahi, Kamis (16/3) siang.

Aldi menjelaskan jika adanya razia knalpot bising hingga dilakukannya pemusnahan tersebut, agar ke depannya pengendara motor di wilayah Kota Cimahi dan KBB yang masih menggunakan knalpot bising agar menggantinya.

”Kami mengimbau para pengendara agar tidak lagi menggunakan knalpot brong pada motornya, selain itu, jajaran kami pun telah melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif kepada para home industri yang memproduksi dan tempat penjualan, knalpot brong,” jelas Aldi.

Selain itu, kata Aldi, adanya tindakan razia dan pemusnahan ini dilakukan karena pihaknya ingin memberikan kenyamanan kepada masyarakat, sehingga kegiatan serupa akan terus dilakukan sepanjang ada pengendara yang masih menggunakan knalpot bising.

”Semua ini dilakukan karena banyaknya laporan warga yang merasa terganggu dengan suara knalpot motor yang sangat bising, maka dari itu untuk penindakan pun tidak akan sampai berhenti disini. Jadi, kami akan terus giatkan di titik yang banyak dilalui pengendara pengguna knalpot bising, terlebih kami pun sudah memiliki pola dan langkah mitigasi,” ucapnya.

Maka dari itu, depannya tambah Aldi, penindakan knalpot bising tersebut akan difokuskan di titik-titik yang menjadi tujuan kegiatan Sunday Morning Ride (Sunmori) sejumlah komunitas otomotif roda dua yang salah satunya ada di wilayah Lembang, KBB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan