Amalan-Amalan Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Masa Tua

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Untuk Biaya Nikah

  1. Memperbanyak amalan ringan, tetapi memiliki pahala yang besar

Banyak amalan yang bisa dilakukan ketika masa tua karena waktu untuk lebih merenung lebih banyak dibandingkan yang muda. Yang tua bisa saja melakukan amalan yang besar pahala seperti shalawat, dan lain-lain. Bukan mendiskreditkan amalan lain, hanya saja ini merupakan salah satu contoh. Amalan ringan, tetapi besar pahala juga banyak untuk bisa dilakukan.

  1. Rutin membaca zikir pagi dan sore

Zikir pagi dan sore sangat ditekankan disini karena merupakan amalan rutin Rasulullah SAW. Apalagi banyak keutamaan yang terkandung di zikir pagi dan sore tersebut, seperti amalan ringan yang berpahala besar, husnul khatimah, terhindar dari godaan setan, memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad SAW. dan keberkahan lainnya.

  1. Tetap bersemangat dalam menuntut ilmu

Rasulullah SAW. pernah bersabda dalam hadits Riwayat Bukhari no. 641 yang terjemahannya sebagai berikut.

“Allâh tidak akan menerima argumen kepada seseorang yang Allâh tunda ajalnya hingga mencapai 60 tahun.”

Dengan mengikuti majelis ilmu, ia bisa mengejar ketertinggalan ilmu dan amal shaleh yang tidak didapatkannya ketika masa muda. Ilmu yang didapatkan bisa langsung diamalkan dalam peribadatan sehari-hari yang mungkin dulu dia belum tahu sebelumnya. Ketika ajal menjemput, ia bisa saja percaya diri karena berada di majelis ilmu dan sedang mengulang atau mengamalkan ilmu.

  1. Rutin membaca dan mentadabburi Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an bakal menjadi ladang pahala dan kebaikan bagi yang sering melakukannya. Selain itu, dengan sering merenungi isi Al-Qur’an bakal membuat keimanannya kepada Allah SWT. meningkat.

  1. Berpesan kepada penerus (anak muda) untuk berbuat baik

Orang tua harus selalu berpesan kepada penerusnya agar selalu berbuat baik, menjadi shaleh dan shalehah, gemar mendoakan orang tua (baik yang masih ada atau sudah tiada), dan mentalqin orang tua ketika akan meninggal.

Baca juga: Tips Melunasi Utang Dan Cicilan Yang Menumpuk

Demikianlah tulisan mengenai amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan pada masa tua. Umur seseorang tidak ada yang tahu. Maka dari itu, marilah kita selalu berbuat baik dan saling berlomba dalam kebaikan. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan