Masuk SMA Pasundan 1 Tanpa Seleksi, Biaya Rp 11 Juta

BANDUNG – Dalam misi menghasilkan siswa berprestasi, proses penerimaan peserta didik baru di SMA Pasundan 1 Bandung, tidak akan melalui tahap seleksi.

Hal ini sebagai upaya pihak sekolah, dalam menentukan keahlian siswa baru, yang berkompeten di bidang akademik ataupun non akademik.

Wakil Kepala Sekolah SMA Pasundan 1 Bandung, Surahman menuturkan, penting bagi pihak sekolah untuk tidak membeda-bedakan calon siswa baru dalam segi akademik. Karena sejatinya, potensi dan keahlian peserta didik baru tentunya sangat bervariatif.

“Kita enggak ada seleksi. Tapi setelah proses itu berjalan, nanti kita ada wawancara. Ini untuk mengetahui potensi anak itu ada di mana, di bidang seni, olahraga, atau akademik. Pokoknya kita enggak terpaku sama nilai si anak, karena kemampuan anak ‘kan berbeda-beda,” ujar Surahman kepada Jabar Ekspresi, Kamis 16 Maret 2023.

Dirinya menjelaskan, hal ini sebagai bentuk dukungan pihak SMA Pasundan, dalam memfasilitasi siswanya. Agar peserta didik baru bisa santai, berjalan di koridor yang sesuai dengan kemampuan dan potensi yang ada di dalam diri si anak.

“Ini agar siswa SMA Pasundan 1 bisa mahir dalam belajar, terampil dalam berolahraga, dan meningkatkan kemampuan lain. Hasil itu terlihat dari banyaknya prestasi di bidang ekstrakulikuler, dan olimpiade di bidang akademik” Jelasnya.

SMA Pasundan 1 Bandung sendiri, tidak terpaku dengan waktu yang di rancang oleh Dinas Pendidikan, terkait pelaksaan pembukaan PPDB. Hal ini sebagai upaya pihak sekolah, dalam memberikan kesempatan, bagi siapa saja yang ingin bersekolah di SMA Pasundan 1 Bandung.

 

Biaya Masuk SMA Pasundan Bisa Dicicil

 

Terkait biaya pendaftaran, SMA Pasundan 1 Bandung menetapkan harga di kisaran Rp 11 juta. Namun dalam pelaksanaanya, pihak sekolah memberikan keringan dan pengertian kepada orangtua peserta didik baru, dalam hal biaya pendidikan.

“Untuk masuk ke sini itu tahun kemarin dan tahun sekarang kisarannya Rp 11 juta. Namun kalau mau mencicil itu silahkan, nanti ada mekanismenya cara mencicil DSP-nya bagaimana, hal seperti itu pasti sudah kami siapkan,” jelasnya.

Hasil program seperti, membuat SMA tersebut terus menghasilkan siswa-siswa berprestasi. Dari mulai atlet voli yang kini sudah mentas di ajang tertinggi liga profesional Proliga, hingga bidang akademik yang meliputi kejuaraan olimpiade matematika hingga biologi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan