6 Tips Persiapan Hadapi Ramadhan 2023, Agar Siap Jalani Ibadah Puasa Sebulan Penuh

Kebaikan atau amalan menjelang bulan suci dapat dilakukan mulai saat ini, seperti halnya membantu sesama, berdsedekah, dan berfikir positif dalam setiap hal yang dihadapi.

Kebaikan tersebut diyakini dapat memengaruhi kestabilan emosi bahkan kesabaran yang nantinya dibutuhkan saat menajalni ibadah puasa sebulan penuh.

3. Kelola Jadwal Harian

Seminggu pertama bulan Ramadhan merupakan masa adaptasi yang harus dihadapi, terlebih bagi mereka yang masih aktif dalam berkegiatan.

Hal ini dapat dimulai dari sekarang dengan mengatur jadwal harian dari bangun tidur hingga tidur kembali pada malam hari.

Seperti diketahui bahwa puasa adalah momen di mana jam makan berpindah dari dini hari sebelum waktu subuh yang disebut sahur dan petang atgau maghrib, yang disebut buka puasa.

Pada malam harinya, umat Muslim juga menjalankan ibadah shalat tarawih, sehingga kondisi tubuh dituntut untuk selalu fit agar ibadah yang dijalankan bis amaksimal.

4. Rutinkan Baca Al Quran

Al Quaran merupakan kitab suci yang menjadi pedoman umat Muslim dalam menjalani hidupnya, sehingga disarankan untuk rutin membacanya.

Terutama menjelang dan selama ibadah puasa di bulan Ramadhan nanti, karena pahala akan dilipatgandakan.

Membaca Al Quran juga dapat menjadi salah satu cara dalam mengisi waktu luang agar lebih positif.

5. Memperbanyak Silaturahim

Selain amalan pribadi, silaturahim juga disarankan untuk dilakukan menjelang bulan Ramadhan.

Bahkan momen tersebut dapat dimanfaatkan untuk saling memaafkan kesalahan, sehingga lebih siap untuk fokus pada ibadah di bulan Ramadhan.

6. Atur Pola Makan dan Asupan Nutrisi

Pola makan selama ibadah puasa mungkin akan berbeda pada hari-hari biasanya, sehingga disarankan untuk mempersiapkan diri dengan jam makan yang berbeda.

Selain itu, asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga harus dipastikan aman agar tubuh selalu dalam kondisi fit.

Itulah 6 tips persiapan menghadapi Ramahdan 2023 nanti agar umatg Muslim lebih siap mengjalani ibadah puasa sebulan penuh.(*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan