Syarat Pengajuan KUR BRI 2023, Langsung Cair Rp 10 Juta!

JAKARTA – Untuk masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan saat ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sudah menyalurkan pinjaman KUR BRI.

Pemerintah sudah mengalokasikan pinjaman tanpa agunan untuk KUR pada 2023 ini sebesar Rp 450 triliun.

Sedangkan untuk KUR BRI sendiri pemerintah memberikan alokasi anggaran sebesar Rp 270 triliun. Pada Maret 203 ini KUR telah dialokasi sebesar Rp 12 triliun.

Untuk diketahui pada tahun lalu, pijaman tanpa agunan ini telah disalurkan sebesar Rp 252,38 triliun yang diberikan kepada 6,5 juta debitur.

Untuk masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman tanpa agunan harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Namun sebelum dijelaskan lebih lanjut, KUR BRI sendiri memiliki beberapa jenis pinjaman yang harus dipahami. Di antaranya KUR BRI Super Mikro, Pinjaman KUR BRI Mikro, dan Pinjaman BRI skala kecil.

Dalam aturan penyaluran KUR BRI kali ini, pihak bank menambah persyaratan untuk pengajuan KUR. Salah satunya harus menjadi peserta BPJS terlebih dahulu.

Berikut persyaratan yang harus dilengkapi ketika akan mengajukan pinjaman KUR

Persyarata Umum

Calon debitur belum pernah mengajukan KUR atau pinjaman modal dan bantuan investasi akan mendapat prioritas untuk dibantu. Namun, Calon debitur juga boleh menerima KUR meski pernah mendapatkan pinjaman yang bersifat konsumtif untuk kebutuhan rumah tangga.

Pinjaman tanpa agunan KUR BRI bisa diajukan bagi masyarakat yang baru saja memiliki usaha. Hanya saja pemilik usaha harus mau mengikuti pendampingan dan pelatihan selama memperoleh pinjaman itu.

Kelengkapan Persyaratan Dokumen

Untuk mesyarakat yang ingin mengajukan oinjaman tanpa agunan diharuskan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan oleh BRI.

Memiliki surat keterangan usaha yang dinyatakan sah keberadaannya oleh pihak RT/RW setempat. Selain itu, untuk jenis usaha dan lamannya usaha juga harus disebutkan.

Untuk dokumen lain yang perlu dibawa ketika mengajukan adalah KTP, Surat Nikah, Kartu Keluarga dan dokumen pendukung sebagai formalitas jaminan.

Proses Pencairan KUR BRI

Proses pengajuan biasanya tidak akan memakan waktu lama sekitar 1 sampai dengan 3 hari kerja. Asalkan syarat yang dibutuhkan tadi sudah lengkap terpenuhi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan