Prabowo : Kopasgat TNI AU Tak Kalah Elit dari Pasukan Terbaik di Dunia

JABAR EKSPRESMenteri Pertahanan Republik Indonesia Letjen Purn Prabowo Subianto mengatakan jika Kopasgat TNI AU adalah salah satu pasukan elit dan pasukan khusus yang paling tua di Indonesia. Kopasgat TNI AU yang lahir terkenal saat melaksanakan operasi lintas udara pertama di Indonesia.

”Operasi itu waktu kita perang lawan Belanda di Kalimantan Tengah, dan Kutawaringin,” ungkap Prabowo, saat menghadiri Pembaretan dan Pengangkatan Warga Kehormatan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopsgat) di Mako Kopasgat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/2).

Prabowo mengaku bangga melihat demontrasi yang diperagakan oleh pasukan khusus Kopasgat ini. Menurutnya Kopasgat sendiri tidak kalah dengan pasukan terbaik di dunia.

”Saya mantan pasukan khusus dulu di Kopasus. Saya pernah latihan di beberapa negara, saya lihat keterampilan profesionalisme tadi itu sangat membanggakan. Kita tidak kalah dengan pasukan terbaik di dunia,” tuturnya.

Dia menilai, apa yang diperagakan semua pasukan Kopasgat sangat terampil dan bersemangat. Terlebih, saat memperagakan menembak dengan kawannya atau salah seorang prajurit berdiri di depan, karena itu sangatlah sulit.

”Kalian lihat sendiri pakai balon, terus pakai peluru tajam. Saya terkesan. Ini catatan bagi kami dan ini juga saya kira kebanggan rakyat. Bahwa kita butuh pasukan kuat, bukan kita mau berbuat apa-apa. Hanya ingin mempertahankan negara kita,” tegasnya.

Prabowo juga mengaku bangga melihat pasukan Kopasgat bisa menjaga kedaulatan negeri dan kekayaan negeri. Terlebih menurutnya sudah ratusan tahun yang lalu negara Indonesia selalu diganggu oleh kekuatan asing.

”Saya berharap setiap prajurit dibekali dengan kepemimpinan yang baik. Dengan bigitu sudah pasti bisa menjadi yang terbaik di dunia,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Prabowo juga mendapat penghargaan sebagai warga kehormatan  Kopasgat TNI AU. Dia pun berterima kasih atas penghargaan tersebut.

”Saya sangat berterima kasih atas kehormatan yang diberikan TNI AU,” ucapnya.

Prabowo juga mengapresiasi keterampilan yang diperlihatkan anggota Kopasgat TNI AU. ”Saya melihat tadi demonstrasi keterampilan cukup membanggakan. Ini membersarkan hati kita sekalian. TNI kita, pasukan khusus kita, sangat terampil, sangat professional,” bebernya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan