Irfan Bersyukur Program JKN Jamin Biaya Pengobatan Diabetesnya

JABAR EKSPRES – Sejak menjadi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada 2019 lalu, Irfan Gunawan,22, mengaku tenang lantaran tidak ada lagi biaya yang ia keluarkan ketika harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Terlebih ia merupakan peserta dari segmen PBI yang iurannya dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Kota Cimahi sendiri saat ini telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau lebih dari 95 persen penduduknya telah menjadi Peserta JKN.

Irfan sendiri divonis dokter mengidap penyakit diabetes sejak tiga tahun silam. Dia pun beberapa kali harus menjalani perawatan.

Dia bersyukur karena dengan menjadi peserta JKN, dia merasakan betul kemudahan yang diperoleh saat bolak-balik keluar masuk rumah sakit.

”Dulu sebelum punya JKN, sekali rawat inap itu bisa sampai jutaan rupiah biaya yang harus saya keluarkan. Sekarang lega karena sudah terdaftar sebagai Peserta JKN,” ungkapnya, belum lama ini.

Dia mengakui, setelah menjadi peserta JKN beberapa kali rawat inap dan rawat jalan tidak ada lagi biaya yang dikeluarkan.

”Hal ini tentunya sangat meringkan keluarga yang harus merawat saya,” ujar Irfan yang saat ditemui sambil ditemani oleh ibundanya.

Gejala yang sering dirasakan penderita diabetes seperti Irfan yakni lemas, badan gemetar, hingga keluar keringat dingin. Bahkan, pusing yang hampir membuatnya pingsan lantaran wajahnya sudah sangat pucat.

”Saya sering kali tiba-tiba drop dan harus dibawa ke rumah sakit,” ucapnya.

Bahkan, rawat inap yang sekarang tengah dijalaninya berawal dari melakukan kontrol rutin namun dokter mengetahui kalau kadar gula Irfan sedang tinggi.

”Dulu itu saya dan keluarga selalu panik kalau sudah tiba-tiba lemas dan drop. Tapi karena pengalaman lama menghadapi sakit ini, akhirnya sekarang sudah paham harus seperti apa penanganan awalnya dan apa saja yang harus dilakukan,” terangnya.

Irfan menjelaskan jika Rumah Sakit Umum Avisena ini  sudah menjadi langganan dirinya untuk menjalani rawat inap, terlebih karena letaknya yang tidak jauh dari rumah.

”Selain faktor jarak yang masih bisa dijangkau dari rumah, pelayanan di Rumah Sakit Umum Avisena ini baik sekali. Dari awal dulu pertama kali datang ke sini sampai sekarang pelayanannya tetap baik,” bebernya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan