Kota Cimahi Komitmen Pertahankan Capaian UHC

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Cimahi sukses mempertahankan cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) yang telah diraih sejak bulan April 202.

Capaian yang diraih Kota Cimahi sebesar 96,13 persen. Berkat capain teresebut Kota Cimahi menerima anugerah penghargaan UHC Award yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia dan juga Menko PMK di Jakarta Selasa (14/03).

Terhitung per Maret 2023, sebanyak 557.234 jiwa penduduk Kota Cimahi telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 562.160 jiwa atau sebesar 99,12 persen.

Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kota Cimahi telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Menanggapi raihan tersebut, Pejabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan mengaku bangga atas pencapaian UHC tersebut.

”Melalui capaian ini, bersama BPJS Kesehatan kami berharap pemerataan kesejahteraan, khususnya di bidang jaminan kesehatan semakin meningkat dan dapat dirasakan nyata oleh seluruh masyarakat,” terang Dikdik melalui siaran tertulisnya.

Dia mengaku, UHC merupakan salah satu bentuk dukungan penuh pemerintah daerah terhadap Program JKN dan kepatuhan dalam menjalankan peraturan perundang-undangan.

Khususnya, Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 dan juga Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN yang salah satunya ditujukan kepada seluruh Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) di seluruh Indonesia.

”Hal ini selaras dengan upaya pemerintah daerah kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kesejahteraan dalam bidang Kesehatan,” tuturnya.

Dikdik mengatakan, dengan telah tercapainya UHC di Kota Cimahi maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan, pihaknya pun akan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

”Koordinasi penting dilakukan untuk tetap menjaga komitmen para pihak dan tetap mempertahankan UHC di Kota Cimahi,” katanya.

Pertumbuhan jumlah peserta dan kesiapan Kota Cimahi dalam mempertahankan UHC ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Peserta JKN.

Saat ini atau hingga Maret 2023, secara keseluruhan Kantor Cabang Cimahi telah bermitra dengan 137 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 45 Puskesmas, 19 Dokter Praktik Perorangan, 7 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 66 Klinik Pratama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan