Jelang Ramadan, Harga Kepokmas Diklaim Stabil

BANDUNG – Harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) diklaim stabil. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa.

“Hasil pemantauan kemarin, harga kebutuhan pokok masih stabil. Seperti Ayam Rp 34 ribu sampai Rp36 ribu. Untuk telur Rp27 ribu sampai Rp29 ribu. Bahkan beberapa toko ritel di bawah Rp26 ribu,” kata Meiwan.

Sementara untuk komoditi daging sapi, disampaikan bahwa wilayah Kota Bandung harga jual jelang Ramadan 1445 hijriah saat ini, ada di kisaran Rp 120 ribu sampai Rp 140 ribu per satu kilogram.

Meiwan menjelaskan, untuk harga komoditas gula, di Kota Bandung masih tetap stabil alias belum berpotensi mengalami kenaikan harga.

“Gula masih aman, minyak aman, terigu relatif stabil. Yang mengalami sedikit kenaikan cabai,” ungkapnya.

Meiwan menerangkan, untuk harga cabai rawit merah dan cabai rawit domba, berada di kisaran Rp 80 ribu sampai Rp 85 ribu per satu kilogram.

“Sempet turun di Rp 60 ribu, tapi kembali naik. Kemudian bawang merah itu di Rp40 sampai Rp50 ribu dari biasanya Rp40 ribu,” terangnya.

Meiwan menjelaskan, adanya kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok masyarakat itu, salah satu faktornya karena iklim cuaca.

“Kita dari Disdagin salah satunya mengantisipasi kenaikan beberapa komoditi, maka kita adakan pasar murah,” jelasnya.

Meiwan mengakui, dari hasil peninjauan lapangan, memang ada beberapa komoditas yang telah mengalami kenaikan harga menjelang Ramadan 2023.

Meskipun demikian, menurutnya bahan pangan yang mengalami kenaikan harga itu, masih tergolong dalam tahap wajar.

“Minyak goreng curah atau kemasan masih tersedia. Gula pasir aman tersedia di pasaran,” imbuh Meiwan.

Dia berpesan, agar masyarakat mendatangi pasar murah yang digelar Pemkot Bandung, sebagai bentuk upaya menjaga kestabilan stok dan harga pangan.

“Silahkan datang ke pasar murah, untuk mendapatkan berbagai macam kebutuhan pokok yang murah,” ucap Meiwan.

Dia memaparkan, sebelumnya pihak Pemkot Bandung sudah sempat melaksanakan operasi pasar murah di tiga lokasi, yakni di wilayah Kecamatan Rancasari, Coblong dan Sukajadi.

“Hari ini di Babakan Ciparay, Regol dan Sumur Bandung. Besok masih ada sampai tanggal 17 maret itu sesi pertama jelang Ramadhan,” papar Meiwan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan