Akses Sempat Lumpuh, Jembatan Bailey Kini Bisa Dilintasi Pengendara

Jabar Ekspres – Sempat lumpuh karena diterjang longsor, kini para pengendara kembali bisa melintasi Jalan Cikereteg, Kabupaten Bogor yang akan menuju arah Kota Bogor maupun Sukabumi.

Kementerian PUPR membuat langkah cepat dengan membuat jembatan Bailey agar dapat dilintasi pengendara.

Sebelumnya, pasca longsor jalan tersebut harus ditutup sementara, dan arus lalu lintas pun dialihkan menuju jalan alternatif maupun Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Hari ini jembatan Bailey sudah selesai dibangun dan dilakukan tahap uji coba untuk dilintasi oleh kendaraan yang melintas ke kota Bogor maupun arah sebaliknya.

Jembatan dengan panjang 96 meter dan  lebar 4 meter dikhususkan untuk kendaraan kecil sedan Jeep. Batas maksimal ketinggian 2.1 meter dan berat maksimal 8 ton.

Pengawas TPK Kementerian PUPR 5.3 Provinsi Jawa Barat, Rendra Agustian menjelaskan, pembangunan jembatan bailey ini selesai sesuai dengan target perencanaan agar aktivitas arus bisa kembali melintas.

“Kita targetkan pelaksanaan pembangunan 14 hari sesuai dengan perencanaan, hari jembatan sementara sudah bisa digunakan,” kata Rendra kepada Jabarekspres.com, Senin (13/3).

Lebih lanjut Rendra menambahkan, untuk jangka panjang nantinya akan ada jembatan baru dengan bentangan panjang 50 meter.

“Kalau untuk jembatan permanen panjang sesuai dengan laporan tim teknis bentang panjang itu 50 meter,  kita sudah mulai pelaksanaan hari ini,” tambahnya.

Pembangunan jembatan permanen ditargetkan akan rampung dalam waktu selama 4 bulan mendatang, namun saat ini masih ada kendala.

“Jembatan targetkan ideal, saat ini masih kendala ada bangunan semi permanen dan permanen di sekitar jembatan. Kita masih tetap diskusi dengan pemkab terkait masalah bangunan itu,” ucapnya.

Untuk kualitas jembatan dirinya mengikuti spesifikasi bina marga sesuai dengan standar jalan Nasional.

“Sesuai dengan spesifikasi bina marga saja, akan kembali seperti waktu itu,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin tetap menyiapkan personel untuk mengatur arus lalulintas.

“Kami tetap mempersiapkan petugas bekerja dengan masyarakat untuk pembatasan dan mengatur lalu lintas yang melalui jembatan Bailey tersebut,” ujarnya.

Iman mengatakan, saat ini arus lalulintas masih menggunakan sistem buka tutup baik dari arah Sukabumi maupun sebaliknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan