Cara Mengecas Motor Listrik di Rumah, Berapa Lama dan Perawatan Baterai

JABAR EKSPRES – Meskipun motor listrik sudah ada sejak lama, konsumen masih lebih familiar dengan motor bermesin bakar yang sudah digunakan selama beberapa dekade. Karenanya, masih sering muncul pertanyaan seputar kepemilikan motor listrik, termasuk di antaranya mengenai durasi pengisian baterai atau mengecas motor listrik di rumah.

Pemerintah telah menawarkan subsidi untuk pembelian motor listrik, termasuk merek Gesits. Motor listrik buatan Indonesia ini memiliki harga yang lebih terjangkau. Gesits ditawarkan dengan harga Rp 28.970.000,- (OTR Jakarta 1 baterai) dan Rp 36.825.000,- (OTR Jakarta 2 baterai).

Dengan adanya subsidi, harga Gesits bisa mencapai Rp 21,9 juta hingga Rp 29,8 juta. Gesits dilengkapi dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga puncak 5 kW atau setara dengan 6,7 tk. Motor ini memiliki tiga mode berkendara dan kecepatan maksimum dibatasi hingga 70 kpj. Gesits bisa menempuh jarak hingga 100 km apabila dibekali dengan dua baterai.

Namun, jika hanya menggunakan satu baterai, jarak tempuhnya hanya mencapai 50 km. Tentunya hal tersebut bergantung pada kecepatan, akselerasi, suhu udara, kemiringan jalan, dan beban yang diangkut.

Baterai yang digunakan oleh Gesits adalah baterai lithium NCM dengan kapasitas 1,44 KWh untuk satu unit baterai yang dijamin selama 3 tahun.

Bagaimana Cara Mengecas Motor Listrik?

Tidak seperti sebagian motor listrik lainnya yang baterainya dapat diganti, baterai Gesits justru dapat diisi ulang di mana saja, termasuk di rumah.

Hal menariknya adalah tidak perlu memiliki rumah dengan daya listrik tinggi untuk mengisi ulang baterai Gesits.

Menurut situs resmi Gesits Motor, kapasitas daya listrik yang dibutuhkan minimal adalah 900 Watt. Pada tahap awal pengisian, hanya memerlukan sekitar 450 watt listrik.

Dengan kata lain, rumah dengan daya listrik minimal 900 VA dapat mengisi ulang baterai motor tersebut. Proses pengisian juga mudah, hanya perlu membuka jok motor untuk mengambil baterai dan menghubungkannya ke colokan biasa, atau langsung dicolokkan ke power socket di motor jika jaraknya dekat.

Waktu pengisian memakan waktu lima jam dengan estimasi satu kali pengisian dapat digunakan untuk perjalanan hingga 50 kilometer.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan