Agar Pelajar Aman dan Bijak Menggunakan Medsos, DP3A Kota Bogor Edukasi150 Siswa SMP

Jabarekspres.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor menggelar Talkshow Aman dan Bijak Menggunakan Media Sosial (Medsos).

Kegiatan yang digelar di Balai Kota Bogor pada Rabu, 8 Maret 2023 itu dihadiri sebanyak 150 siswa SMP negeri dan swasta.

Kegiatan dibuka langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya. Dalam kesempatan itu, Bima Arya memberikan pesan bagi para generasi muda.

Menurutnya, secara teori ada enam hal atau faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Pertama, pola asuh orang tua.

”Orangt ua mengajarkan agama dan adab tidak? mengajarkan disiplin dan hormat kepada orang tua tidak? Kalau jawabannya tidak maka masa depan suram,” kata Bima Arya dalam sambutannya.

Dia mengatakan, bagi anak-anak yang orang tuanya sudah wafat, maka faktor kedua yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu lingkungan sekitar, sahabat atau tokoh masyarakat.

”Ketiga yakni nutrisi dan gizi karena bisa mempengaruhi cara berpikir dan stamina anak,” lanjutnya.

”Keempat, permainan dan tontonan. Kita main dan nonton juga akan berpengaruh pada pola pikir,” imbuhnya.

Sementara faktor kelima yakni hiburan dan rekreasi. ”Jika sesekali mencari hiburan di medsos boleh tapi kalau hidup hanya berkutat pada media sosial maka hidup akan selesai,” ucapnya.

Menurutnya, hiburan dan rekreasi bisa masuk ke dalam alam bawah sadar. Terbukti, anak-anak muda saat ini banyak yang berpikir untuk childfree dan tidak mau menikah.

”Jepang negara hebat, modern dan canggih, tapi terancam punah karena malas menikah. Hiburan dan rekreasi kita menentukan keyakinan kita. Jadi hati-hati memilih hiburan dan rekreasi,” terangnya.

Disamping itu, ada faktor yang tak kalah pentingnya yakni eksplorasi. Dalam hal ini, peran para orang tua sangat menentukan sikap sang anak yang akan berdampak terhadap masa depannya.

”Jadi sejauh mana orangtua bisa membuat anak-anak terus memiliki sikap untuk memecahkan dan mengatasi masalah sendiri, kalau tidak nanti anak akan bergantung kepada orangtua,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DP3A Kota Bogor, Dody Ahdiat menjelaskan, terselenggaranya kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama DP3A yang turut didukung Childfund dan Warga Upadaya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan