Bantu Kelola Sampah, Octopus Point Hadir di Kota Bandung

BANDUNG – Octopus sebagai perusahaan teknologi yang mengedepankan layanan untuk daur ulang secara resmi membuka Octopoint di Kota Bandung.

Octopoint dapat dijadikan solusi untuk mengurangi pembuangan sampah. Octopus sendiri telah resmi memperluas layanannya di Bogor, Depok, dan Bekasi.

Dukungan ini merupakan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengurangi sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Jawa Barat akan pentingnya memilah dan mendaur ulang sampah.

Kerja sama Octopus dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah terjalin sejak tahun 2021.

Octopus pertama kali diluncurkan di Bandung dan sukses beroperasi di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi.

Hadirnya Octopus di Depok, Bogor dan Bekasi diharapkan dapat menjadi solusi penanggulangan sampah yang mengajak masyarakat Jawa Barat untuk menjadikan daur ulang sampah sebagai gaya hidup.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. Prima Mayaningtyas, M.Si. sangat mendukung dengan beroperasinya Octopus untuk membantu melakukan pemilahan sampah.

‘’Ini juga bisa meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah dari rumah sebagai upaya mengurangi timbulan sampah ke TPA,”kata dia.

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, pencemaran tertinggi di Jawa Barat berasal dari 60 persen sampah domestik atau rumah tangga.

Komposisi produksi sampah per hari bisa mencapai 25.000 ton dengan 60 persen sampah organik dan 40 persen sampah anorganik.

‘’Dari jumlah sampah yang dihasilkan sekitar 40persen sampah dapat ditangani dengan baik, sedangkan 60 persen masih belum dapat dikelola dengan baik,’’ kata Prima.

Sementara itu, Chief Executive Officer dan Co-Founder Octopus Indonesia Moehammad Ichsan mengatakan, pihaknya akan selalu berkolaborasi membangun kerjasama dengan pemerintah daerah dalam memberikan layanan pengelolaan sampah.

Menurutnya, hadirnya Octopus di Bogor, Depok dan Bekasi dapat mengedukasi warga untuk menerapkan gaya hidup memilah dan mendaur ulang sampah rumah tangga.

‘’Kami juga terus memastikan kualitas sampah yang kami terima selalu terjaga dengan baik, sehingga mudah untuk dikelola dan didaur ulang,” kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan