Ratusan Warga Bogor Dapat Pengobatan Gratis Dari Yonkes 1 Kostrad

Jabarekspres.com – Dalam rangka hari ulang tahun Kostrad ke-62 tahun. Batalyon Kesehatan 1/YKH/1 Kostrad mengadakan bakti sosial berupa pengobatan gratis di Klinik Yonkes, Jalan Cimandala, Desa Cimandala, Kabupaten Bogor, Rabu (1/3).

Kegiatan pengobatan gratis tersebut dihadiri langsung oleh Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad Mayjen TNI Bobby Rinal Makmum, Polsek Sukaraja, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Komandan Batalyon Kesehatan Mayor Ckm dr. Iman Gautama mengatakan, dalam rangka rangkaian hari ulang tahun Kostrad, pihaknya mengadakan kegiatan pengobatan gratis bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

”Ini merupakan rangkaian kegiatan dari keseluruhan, sebelumnya selain pengobatan massal kami juga melaksanakan kegiatan donor darah dan juga pembersihan lingkungan baik itu tempat ibadah, sungai, dan lain sebagainya,” bebernya kepada media.

Pengobatan gratis massal ini difokuskan untuk mengecek kesehatan warga dari  tiga penyakit besar yakni infeksi saluran pernapasan (Ispa), Demam, dan hipertensi.

”Untuk pengobatan masal ini diikuti sebanyak 400 orang, namun bagi yang tidak terdaftar sebagai peserta pengobatan massal,tetap akan dilayani dengan baik,” terangnya.

Dia berharap, pada HUT Kostrad ini, Jajaran memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat. ”Harapan nya kami sebagai batalyon kesehatan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor  Agus Fauzi mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Batalyon Kesehatan 1 Kostrad dalam mengadakan kegiatan pengobatan massal.

”Kita apresiasi bahwa dari Yonkes Kostrad sudah melaksanakan bakti sosial pengobatan massal bagi masyarakat dan ini menunjukkan sinergitas kostrad dan kita dinas kesehatan, luar biasalah antusiasme masyarakat kita lihat banyak yang hadir,” ujarnya.

Menurutnya, Dinkes Kabupaten Bogor memberikan dukungan dalam kegiatan pengobatan massal tersebut diantaranya tenaga medis, Fasilitas screening penyakit tidak menular (PTM) glukosa dan kolesterol.

”Kita disini turunkan 4 puskesmas (Bojong Gede, Cibinong, Sukaraja dan Cimandala). Untuk obat  kita ada

Agus Fauzi mengaku, sinergitas ini akan terus dilakukan antara Dinkes dan Batalyon Kesehatan 1 Kostrad.

”Selama ini kami bersinergitas, karena memang yonkes ini kan sering koordinasi kegiatan kesehatan, dan kita juga saling mendukung. Untuk rumah sakit rujukan, ya insyaallah kedepannya akan dilakukan,” pungkasnya. (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan