Ngebet Jadi Gubernur Jabar, Uu Ngaku Siap Dukung Emil Berpolitik di Tingkat Nasional

Jabarekspres.com – Wakil Gubenur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan siap mencalonkan diri sebagai Gubernur Jabar di tahun 2024 nanti.

Uu juga menyatakan siap mendukung rekan kerjanya yakni Ridwan Kamil untuk melanjutkan kiprah di dunia politiknya ke tingkat nasional.

Uu pun meminta agar masyarakat Jabar mendoakan dan mendorong Ridwan Kamil maju berpolitik di tingkat nasional.

”Saya akan mendeklarasikan sebagai masyarakat Jabar bahwa gubernur menjadi pimpinan nasional yang akan datang,” ujarnya di Bandung, Rabu (1/3).

Meski telah menyatakan siap, Uu mengungkapkan bahwa hal itu juga harus dibarengi dengan keputusan partai pengusungnya dalam hal ini PPP.

”Jadi tidak cukup dengan keputusan partai saya saja, tapi harus ada dorongan partai lain karena namanya pilkada (pemilihan kepala daerah) lebih baik koalisi bangun kebersamaan,” terangnya.

Selain soal partai, lanjutnya, dorong dari masyarakat khusunya dari Jabar juga dinilai menjadi hal yang sangat penting untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur 2024.

”Tidak cukup diusung partai, tapi harus ada dorongan dari masyarakat. Jadi elektabilitas partai perlu dan elektabilitas di masyarakat juga itu perlu. Jadi percuma kalau di partai bagus di masyarakat kurang bagus,” bebernya.

Dia mengaku, hingga saat ini dirinya masih menunggu keputusan Ridwan Kamil terkait langkah politik selanjutnya seusai menjabat sebagai orang nomor satu di Jabar.

”Beban saya ini untuk menjadikan saya layak jadi calon gubernur Jabar, itu pun kalau Pak Gub (Ridwan Kamil) menjadi pimpinan nasional. Tapi kalau Pak Gub tidak ke nasional, kami ingin kembali satu paket (mencalonkan kembali) dengan beliau,” pungkasnya.

Untuk diketahui, masa jabatan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 akan berakhir di bulan September nanti. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan