Cuaca Pengaruhi Melambungnya Harga Cabai dan Bawang Putih

Jabarekspres.com – Faktor cuaca saat ini diduga mempengaruhi harga jual cabai dan bawang putih di pasaran yang cukup tinggi.

Hal tersebut terjadi karena banyak petani yang gagal panen dan terhambatnya distribusi karena beberapa wilayah mengalami banjir.

Dari pantauan di Pasar Tradisional Cimindi pada Rabu (1/3) kedua komuditi tersebut mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Harga cabai merah yang asalnya Rp50 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu. Sementara harga bawang putih dari harga normal Rp28 ribu menjadi Rp32 ribu per kilogram.

Unan Jaya, pedagang di Pasar Cimindi mengatakan, jika cuaca buruk selalu mempengaruhi harga komoditi sayuran.

”Hampir semua harga sayuran mengalami perubahan. Tidak hanya di bawang putih dan cabai saja,” katanya, kepada Jabar Ekspres, Rabu (1/3).

Menurutnya, hujan yang terjadi di beberapa waktu mempengaruhi hasil panen dan juga pendistribusian. Sebab, dengan hujan itu sayuran cepat membusuk.

Belum lagi jalanan yang banjir menghambat pendistribusian. ”Jadi memang kejadian seperti ini sudah tidak aneh lagi,” pungkasnya.

Kenaikan harga sayuran sendiri sudah terjadi sejak dua pecan lalu. Bahkan beberapa jenis sayuran mengalami kenaikan harga hingga 50 persen dari harga semula. (mg5/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan