Jelang Ramadan, Dishub Jabar Cek Standar Kelayakan Transportasi Umum

BANDUNGRamp Check mulai dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, terkait pemeriksaan kelayakan standar operasional bus, jelang hari besar keagaaman, Ramadan dan Idul Fitri di terminal Cicaheum, Kota Bandung, Selasa 28 Februari 2023.

Kegiatan jelang Ramadan ini mulai dilaksanakan, Yang melibatkan jajaran UPTD P3LLAJ Wilayah II Dishub Jawa Barat, Kepala Terminal, dan Pihak Kepolisian.

Kepala UPTD P3LLAJ Wilayah II Jawa Barat, Adnan Guntara menyebutkan. Operasi ini dilakukan, dalam rangka menciptakan moda transportasi yang aman saat Ramadan dan mudik Idul Fitri nantinya. Bagi masyarakat yang nanti akan menggunakan bus, pada saat mudik lebaran.

“Kita sekarang mengadakan Ramp Check, pemeriksaan terhadap pemenuhan administrasi dan kelayakan teknis, Dalam rangka untuk angkutan lebaran nanti. Tujuan adanya ini, untuk menciptakan angkutan yang berkeselamatan, dalam rangka menghadapi lebaran,” ujar Adnan Guntara kepada Jabar Ekspres.

Hal tersebut kata Adnan, bertujuan untuk memberikan imbauan, kepada beberapa perusahaan transportasi bus, yang saat ini belum memenuhi standar administrasi, dan kriteria yang ditetapkan, untuk angkutan Ramadan dan mudik pada saat lebaran.

“Kita lakukan ini dengan pendekatan secara humanis, makannya kita lakukan jauh-jauh hari, agar nantinya mereka bisa memperbaiki tentang kekurangan yang ada, dan bisa memberikan keselamatan pada saat mudik lebaran,” jelasnya.

Ramp Check meliputi kondisi mesin, rem, ban, klakson, administrasi, dan hal-hal lain yang berkesuaian, untuk meningkatkan keselamatan pemudik, dan mengurangi kecelakaan. Dalam rangka menghadapi Ramadan dan arus mudik Hari Raya Idul Fitri.

UPTD P3LLAJ wilayah II Jabar, bekerja sama dengan pihak kepolisian, Terkait pemeriksaan standar kelayakan kendaraan. Hal ini bertujuan, untuk menindak perusahaan bus, yang tidak mengikuti anjuran, yang ditetapkan oleh Dishub dan Kepolisian, untuk angkutan lebaran.

“Program Ramp Check ini kita bekerja sama dengan pihak kepolisian, jadi kalo urusan penegakan hukum kita lemparkan kepada mereka. Tapi kalau masalah administrasi kita bisa periksa, bentuknya bisa berupa himbauan ataupun pemberhentian operasi,” tandasnya.

Ramp Check terus akan di lakukan oleh UPTD P3LLAJ Wilayah II Jawa Barat, jelang mudik pada hari raya idul fitri. Rencananya, kegiatan ini akan kembali di laksanakan pada bulan Maret mendekati Ramadan. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan