Simak Ini dia! Penyebab dan Gejala Diabetes Pada Anak

Jabar Ekspres– Anak yang sudah menderita diabetes bisa mengalami beberapa gejala yang berupa sering haus dan sering buang air kecil. Serta makan dengan porsi banyak tetapi berat badan nya justru turun.

Maka sebagai orang tua, penting bagi anda untuk mengenali penyebab dan gejala diabetes pada anak agar kondisi ini tidak terlambat dan bisa di tangani oleh dokter.

Tubuh membutuhkan hormon insulin, hormon insulin di hasilkan di pancreas. Untuk membantu sel-sel jaringan, dan organ tubuh, glukosa atau gula darah sebagai sumber energi.

Maka ketika hormon insulin berkurang, maka dapat terjadi pertumpukan gula darah. Nah hal ini lah yang dapat menyebabkan diabetes.

Angka kejadian diabetes pada anak usia 0-18 tahun di Indonesia meningkat hingga lebih dari 1000 kasus dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini.

Gejala-Gejala Diabetes Pada Anak

Sebagian anak yang menderita diabetes tidak menunjukan adanya gejala atau merasakan adanya keluhyan. Namun, pada sebagian anak yang lain, diabetes dapat menimbulkan beberapa gejala sebagai berikut seperti yang di lansir oleh alodokter.com :

  1. Sering haus dan buang air kecil

Kadar gula darah yang tinggi dan berlebih akan di buang melalui urine. Hal ini akan membuat anak sering buang air kecil atau mengompol.

Dengan banyak nya cairan tubuh yang keluar, anak pun akan cepat merasa haus dan minum lebih banyak dari biasa nya.

  1. Nafsu makan meningkat

Anak yang terkena diabetes akan kesulitan untuk menghasilkan energy akibat gangguan fungsi atau berkurangnya jumlah insulin.

Akibatnya, anak akan merasa sering kelaparan dan memakan lebih banyak untuk memperoleh energi.

  1. Berat badan turun

Meski sudah banyak makan lebih banyak dari biasanya, namun berat badan anak yang menderita diabetes justru akan turun.

Tanpa adanya pasokan energi dari gula, jaringan otot dan simpanan lemak akan menyusut. Penurunan berat badan ini bisa menjadi tanda pertama dari diabetes anak.

  1. Terlihat lelah atau lesu

Anak yang menderita diabetes mungkin akan terlihat lebih lemah dan lesu karena kurangnya energi dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan