Naiknya UMKM Dalam Pagelaran F1 Powerboat

JABAR EKSPRES — Suksesnya Pagelaran F1 Powerboat (F1H2O) di Danau Toba, Sumatera Utara, sejalan dengan naiknya perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Anggota Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih (Demer), memaparkan pagelaran F1 superboat ini memberikan banyak manfaat.

“F1 Superboat memberikan dampak positif bagi UMKM. Terutama makanan dan barang-barang seni yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” ujarnya pada Senin (27/2).

Demer mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya acara tingkat Internasional ini di Sumatera Utara. Selain itu, acara ini menjadi ajang pesta rakyat dan promosi UMKM sekitar Danau Toba sebagai destinasi prioritas pariwisata Indonesia.

F1 Superboat diselenggarakan pada Sabtu (25/2) hingga Minggu (26/2).

“Harapannya, semoga Indonesia kelak bisa menyelenggarakan acara Internasional lainnya dan lebih mengenalkan UMKM di sekitarnya,” ungkapnya.

‘Kolaborasi yang baik antara BUMN dan pemerintah setempat turut menjadi alasan kesuksesan acara ini. Pengalaman positif ini semoga bisa meningkatkan kepercayaan dunia pada Indonesia untuk menyelenggarakan acara dengan level yang sama,” pungkasnya.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), turut memberikan komentar positifnya terhadap acara ini. Jokowi berharap akan adanya ajang-ajang olahraga Internasional lainnya yang dapat menaikkan nama di setiap daerah.

F1 Powerboat merupakan ajang internasional unggulan perahu balap dengan satu kursi yang digagas oleh Union Internationale Motonautique (UIM). Peserta pada ajang tersebut terdiri dari 10 tim dan 20 pebalap.

Seri pertama sudah terlaksana dengan baik di Danau Toba, Indonesia. Seri selanjutnya, Tiongkok yang akan menjadi tuan rumah.

Saat ini, pemerintah berfokus pada pengembangan kegiatan sport tourism. 

Sport Tourism merupakan ajang olahraga internasional dengan misi melakukan promosi untuk destinasi wisata di daerah dan UMKM di sekitarnya..

Salah satu bentuk sport tourism yang sudah berjalan sukses di Indonesia adalah MotoGP Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 2022.

BACA JUGA : Rp29 Juta Langsung Cair, Pinjol Legal Bunga Rendah, Hanya KTP!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan