Mahasiswa Tolak Penertiban 38 Bangli di Jalan Cijagra Bandung

BANDUNG – Satpol PP dan petugas gabungan menertibkan bangunan liar atau bangli di Jalan Cijagra, Kota Bandung, Kamis 23 Februari 2023. Penertiban 38 bangi itu diwarnai aksi damai mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Mulanya, sejak pukul 07.00, petugas gabungan sudah terjun di lokasi untuk menertibkan bangli. Kemudian sekitar pukul 9.30, puluhan mahasiswa dari kampus yang ada di samping Jalan Cijagra itu datang ke lokasi penertiban.

Di hadapan petugas para mahasiswa menggelar aksi damai. Ada yang menyampaikan orasi terkait penertiban bangli itu, dan termasuk menggelar sejumlah aksi teatrikal. Ada yang memperagakan semacam aksi debus, hingga aksi menggunduli rambut.

Bahari, koordinator aksi mahasiswa ISBI mengungkapkan, aksi damai penolakan peneritban bangli itu sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap nasib para pedagang. “Ini aksi solidaritas. Menuntut keadilan untuk para pedagang,” cetusnya.

Bahari menambahkan, ada sejumlah tuntutan yang disampaikan dalam aksi damai itu. Pertama menolak adanya aksi penggusuran bangli tanpa ada solusi tepat, lalu menolak larangan PKL di sekitar kampus ISBI.

Para mahasiswa juga menuntut Wali Kota Bandung untuk melakukan pertimbangan teknis penataan ruang untuk PKL di sekitar kampus ISBI. Itu sesuai Perwali Kota Bandung Nomor 32 tahun 2019 pasal 14A. “Kami juga ingin para pelaku pungli terhadap PKL diberantas,”tegasnya.

Selepas menyampaikan orasi dan sejumlah teatrikal terkait penertiban bangli, para mahasiswa juga membubarkan diri. Tidak sampai ada keributan antara mahasiswa dan petugas di lokasi. (mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan