Sekolah Alam MTs Miftahurrahmah Berdiri di Bawah Gunung Manglayang

KABUPATEN BANDUNG – MTs Miftahurrahmah adalah sekolah yang berbasis alam semestam atau universal. Wujud sekolahnya  berupa gedung berlandaskan bambu dengan beratapkan seng.

MTs Miftahurrahmah ini dianggap memberikan manfaat untuk siswa, mulai dari meningkatkan rasa percaya diri dan lebih peka terhadap isu sosial.

MTs Miftahurrahmah berada di Kp Bunisari, Desa Giri Mekar, Kecamatan Cilengkrang, Kota Bandung. Letaknya berada di bawah Gunung Manglayang.

Ketua Yayasan MTs Miftahurrahmah Sutria mengatakan, latar belakang berdirinya sekolah ini berawal dari kondisi masyarakat yang  banyak putus sekolah. Karena daerah ini akses dan mobilitasnya untuk ke sekolah cukup jauh   sehingga memakan biaya cukup besar sehingga banyak alasan masyarakat yang anaknya tidak melanjutkan ke SMP karena faktor sekolahnya jauh dan faktor operasional hariannya yang memakan biyaya yang besar. Maka dari situlah berdirinya MTs tersebut.

“Pada dasarnya tempat ini merupakan madrasah diniah,“ kata Sutria.

Sementara salah satu program unggulan MTs ini mengambil program sekolah Alam karena melihat letak sekolah yang berada di lingkungan yang asri sehingga terbesit mengadakan program unggulan dengan mengkonsep sekolah alam.

Selain dididik secara akademik tetapi mereka dibekali kreativitas untuk bisa belajar bertani,  berkebun dan bercocok tanam walaupun mengambil SDM yang ada. Tujuannya selain mempunyai bekal di bidang akademik tetapi mereka juga dibekali keterampilan.

Untuk fasilitas penunjang sekolah MTs Miftahurrahmah, setidaknya telah memiliki  laboratorium. Namun, sekolah ini belum memiliki perpustakaan dengan kondisi yang baik. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan