Beri Edukasi Pelajar Bijak Menggunakan Medsos, PWI Kota Bogor Gelar Safari Jurnalistik

Jabarekspres.com – Dalam upaya menyelamatkan generasi Z menggunakan madia sosial dan agar tidak terjebak oleh berita-berita tidak benar (Hoaks), PWI Kota Bogor menggelar safari jurnalistik.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan HUT PWI ke-77 itu, melibatkan ratusan peserta siswa-siswi dan Kepala Sekolah SMP dari 45 sekolah.

Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti menuturkan, safari jurnalistik digelar untuk mengedukasi generasi Z sebagai pengguna aktif media sosial.

”Tidak semua pengguna aktif media sosial itu menyadari bahwa ada resiko dalam membuat konten untuk di posting, apalagi resiko secara hokum,” terangnya disela-sela kegiatan.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut, pihaknya memberikan wawasan dan pemahaman terkait konten dank omen apa saja yang dapat di posting dan tidak melanggar hukum.

”Kita beri mereka pengetahuan apa saja konten dan komen yang memang bisa mereka unggah. Kegiatan ini lebih pada mengedukasi,” katanya.

Kegiatan yang diikuti para siswa SMP negeri dan swasta itu digelar di Aula SMP Negeri 5 Kota Bogor dan dibuka langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.

Dalam sambutannya, Bima mengapresiasi kegiatan safari jurnalistik yang di inisiasi PWI Kota Bogor.

Menurutnya, kegiatan yang bertujuan mengedukasi generasi muda untuk bijak menggunakan media sosial sangat penting dilakukan.

Hal itu agar saat berkomunikasi di media sosial seperti, berkomentar atau memposting  sesuatu tidak salah yang akhirnya bisa terjerat hukum.

”Jadi semua ada ilmunya, ada adabnya dan semua ada juga aturannya. Ingat banyak orang berilmu tetapi tidak beradab, tapi orang beradab sudah pasti berilmu,” ucapnya.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso pun turut mengapresiasi. Bismo mengakui jika kegiatan safari jurnalistik sangat bagus untuk memberikan ilmu, pengetahuan, pemahaman seputar jurnalis kepada generasi muda.

”Ketika saya datang ke sini saya melihat banyak tulisan nilai-nilai yang harus diresapi, apa yang diberikan di sekolah itu harus ditauladani, harus dibawa sampai besar nanti,” katanya.

Menurutnya, hal yang perlu dilakukan seoerti, menghormati orang tua, menyayangi antar sesama, bertoleransi, saling menghormati dan menghargai, menjaga kebersihan, membantu orang tua di rumah, belajar mandiri, disiplin waktu, itu akan menjadi torehan kesuksesan di masa depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan