Kerap Timbulkan Kemacetan, Dishub Kota Cimahi Bakal Tertibkan Parkir Liar

Jabarekspres.com – Parkir liar di beberapa titik diduga menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan di Kota Cimahi

Agar tidak terus terjadi kemacetan dan untuk meminimalisir adanya parker liar, Dinas Perhubungan Kota Cimahi pun bakal terus melakukan pembenahaan.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas pada Dishub Kota Cimahi, Muhammad Nur Effendi mengakui jika sejauh ini parkir liar menjadi salah satu penyebab kemacetan di sejumlah titik di Kota Cimahi.

”Untuk itu, kami melakukan pengawasan rutin agar para pengguna jalan bisa mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” katanya kepada wartawan, Jumat (17/2).

Dia pun meminta agar masyarakat, khususnya warga Kota Cimahi untuk mematuhi peraturan lalu lintas.dan tidak memarkirkan kendaraannya di sembarangan tempat.

”Memang harus ada juga kesadaran dari masyarakat juga. Jangan pas hanya ada petugas saja tertib. Tapi pas nggak ada kembali melanggar,” terangnya.

Menurutnya, sebelum melakukan penegakan hukum, biasanya pihak dishub Kota Cimahi kerap melakukan sosialisasi dan monitoring.

”Kita juga mengedukasi para pelanggar rambu lalu lintas” ujarnya.

Dia mengaku, bakal terus menertibkan parkir liar. Bahkan bakal memberikan sanksi tegas kepada pengendara yang kedapatan melanggar. Salah satunya dengan cara penggembokan dan dipasangi stiker peringatan.

”Sebenarnya memang banyak kendaraan yang terparkir di lokasi yang dilarang. Nah nati akan kita tindak,” tegasnya.

Dia juga mengakui jika saat ini masih banyak pengemudi yang memarkirkan kendaraannya di marka yang dilarang. Hal itu menjadi salah satu penyebab kemacetan.

”Kami banyak terima keluhan dari masyrakat terkait kemacetan. Salah satu faktor terjadi kemacetan adalah parkir, masyarakat menggunakan bahu jalan untuk parkir,” tandasnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan