Diskominfo Kota Cimahi Bahas 4 Isu Strategis Peningkatan Pelayanan Publik

Jabarekspres.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Cimahi menyingkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah.

Diskominfo mulai merumuskan program kegiatan dan sub kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah melalui Forum Grup Diskusi (FGD) Perangkat Daerah Tahun 2023.

Acara yang digelar di Aula Gedung A Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi pada Kamis (16/02) tersebut melibatkan perangkat daerah serta seluruh pemangku kepentingan terkait.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda, instansi vertikal, perwakilan akademisi, Organisasi Kewartawanan, LSM, Organisasi Kemitraan Lembaga Pendidikan, hingga Relawan TIK Kota Cimahi.

FGD tersebut bertujuan memperoleh saran dan pertimbangan dari peserta forum sebagai bahan masukan untuk penyusunan Renja Diskominfo Tahun 2024.

Sehingga, penyusunan program bisa selaras dengan kegiatan perangkat daerah kota dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang di kecamatan.

FGD itu juga diharapkan dapat mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah kota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kemudian menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan.

Agar sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan sesuai dengan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

Pejabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nurgahawan dalam sambutannya mengungkapkan empat isu strategis yang akan menjadi fokus perhatian Diskominfo di tahun 2024.

Emapt isu strategis iru adalah, optimalisasi tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, optimalisasi implementasi keterbukaan informasi publik, peningkatan keamanan informasi, dan peningkatan kualitas data statistik yang terintegrasi.

Menurutnya, berdasarkan isu strategis tersebut, maka prioritas pembangunan Diskominfo tahun 2024 adalah penguatan tata kelola pemerintahan dan inovasi pelayanan publik melalui penyelenggaraan urusan komunikasi dan infromatika, persandian dan statistik.

”Fokus arah kebijakannya adalah peningkatan kualitas penyelenggaraan Reformasi Birokrasi serta peningkatan kualitas data statistik sektoral yang terintegrasi, yang muaranya adalah untuk kualitas pelayanan publik,” bebernya.

Melalui FGD itu, Dikdik meminta seluruh instrument perangkat daerah  dapat bersinergi mendukung seluruh pemangku kepentingan dan berpartisipasi memberikan masukan sebagai bahan penyusunan Renja Diskominfo Tahun 2024.

Senada dengan Dikdik, Kepala Diskominfo Kota Cimahi, Hendra Gunawan mengungkapkan pihaknya akan berfokus pada empat isu strategis dengan melakukan percepatan-percepatan terutama dalam hal yang berhubungan dengan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan