Bernarkah Uang Koin Rp1000 Kelapa Sawit Bernilai Rp250 Juta?

JABAR EKSPRES – Apakah kamu masih menyimpan uang koin Rp1000 yang bergambar kelapa sawit? Jika iya kamu bisa menukar koin tersebut dengan uang berjumlah fantastis berdasarkan informasi yang banyak tersebar.

Namun apakah informasi tersebut benar? Bagaimana fakta sebenarnya mengenai harga jual uang koin bergambar kelapa sawit? Kamu bisa simak fakta selengkapnya dalam artikel ini.

Banyak masyarakat terutama yang senang mengoleksi uang, mencari informasi mengenai kebenaran harga tukar uang koin Rp1000 kelapa sawit.

Pasalnya banyak beredar di media sosial, bahwa uang bergambar kelapa sawit ini bisa menghasilkan hingga ratusan juta rupiah.

Pastinya hal ini menjadi banyak perbincangan, karena nominal uang yang bisa diperoleh dengan koin kelapa sawit sungguh sangat fantastis.

Sebagai informasi, uang koin kelapa sawit ini memiliki sisi luar yang berwarna silver dan terbuat dari logam berwarna perak.

Sementara bagian dalam atau tengahnya terbuat dari logam kuningan yang berwarna emas. Uang ini dirilis pada tahun 1993 oleh Bank Indonesia.

Nah, dari sanalah muncul isu mengenai uang koin kelapa sawit Rp1000 dijual mahal karena terbuat dari emas.

Padahal faktanya, melansir dari laman resmi Kemenkominfo yakni kominfo.go.id, kabar yang beredar bahwa uang koin Rp1000 kelapa sawit bernilai ratusan juta ternyata hanya hoax.

Faktanya, harga jual uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit yang pernah digunakan untuk bertransaksi berkisar antara Rp2.500-Rp5.000 saja. Jika kondisi uang koin tersebut masih bagus, maka harga berkisar Rp10.000-Rp15.000. Harga yang paling mahal adalah variasi proof atau koin yang dicetak khusus.”  Penjelasan uang kelapa sawit dari laman resmi Kemenkominfo.

Berdasarkan informasi tersebut, kamu perlu berhati-hati dalam menyikapi isu yang beredar. Jangan langsung percaya karena bisa jadi merupakan informasi palsu atau hoax.

Fenomena gegernya uang koin Rp1000 kelapa sawit bernilai fantastis ini juga diikuti dengan harga jual yang sangat tinggi di toko online.

Bahkan rentang harga yang ditawarkan pada salah satu e-commerce populer untuk uang koin tersebut bisa mencapai Rp15 juta hingga Rp250 juta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan