Link Daftar KIP Kuliah 2023, Ini Batas Akhir Penutupannya

JABAR EKSPRES – Ketahui link pendaftaran KIP Kuliah 2023 di bawah ini lengkap dengan jadwal yang perlu diketahui.

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dapat diakses melalui link atau tautan kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Siswa bisa langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada web resmi KIP Kuliah di atas atau bisa juga diakses melalui KIP Kuliah mobile apps.

Perlu diketahui bahwa sejak Selasa, 14 Februari 2023 pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah sudah dibuka dan akan ditutup pada 31 Oktober 2023.

Sementara untuk jadwal Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yaitu dibuka pada 16 Februari 2023 hingga 27 Februari 2023.

Namun jadwal di atas dapat berubah sewaktu-waktu, seperti yang dijelaskan dalam lama web KIP Kuliah.

Bantuan KIP-Kuliah Merdeka

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang resmi diberikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Bantuan ini diberikan bagi yang memiliki potensi akademik yang baik akan tetapi terkendala dengan keterbatasan ekonomi.

Bantuan ini berbeda dari beasiswa yang memiliki fokus pada penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi.

Penjelasan lebih lengkapnya ada di Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Meskipun begitu, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dengan baik dari yang benar memiliki potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Berkas yang Perlu Dipersiapkan

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka memerlukan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan posel (alamat email).

Perlu dipastikan NISN, NPSN dan NIK dari calon peserta KIP Kuliah 2023 valid, sesuai data yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), KemendikbudRistek.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan