Inilah 9 Tokoh Da’i Akhlaq dan Tasawuf Terkini yang Ada di Indonesia

JABAR EKSPRES- Berikut adalah 9 tokoh da’i akhlaq dan tasawuf Indonesia  yang bisa kamu jadikan sebagia public figur agama saat ini.

1. Habib Lutfi

Habib Luthfi sebagai ulama ahli tarekat, merupakan pendakwah yang sangat popular di Indonesia. Ia terkenal karena kelembutannya saat berdakwah keliling Indonesia.

Selain aktif berdakwah, Habib Luthfi bin Yahya juga aktif di beberapa organisasi. Ia tercatat mengemban jabatan sebagai Rois Aam Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (Jatman).

Selain itu, Habib Luthfi juga merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019–2024.Ia juga pernah mengemban amanat untuk menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah 2006-2011.Habib Luthfi juga telah menuliskan beberapa buku yang berkaitan dengan akhlak dan pentingnya persatuan NKRI.

2. Aa Gym

Aa Gym adalah salah satu ulama besar di Indonesia. Dengan tutur kata yang lembut dan materi yang menekankan pada ketenangan jiwa, kebahagiaan dan kedamaian. Aa Gym berhasil memikat banyak jamaah dan menjadikannya salah satu Da’i top di Indonesia.

Aa Gym Seringkali membahas akhlak dengan bereferensi pada Al-Hikam yang merupakan salah satu karya besar dari guru Tasawwuf yaitu Ibnu Athailah al Sukandari.

3. Abah Aos

Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul atau yang kerap disapa Abah Aos merupakan ulama kelahiran Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Beliau merupakan Pimpinan dari Tarekat Qadariyah Naqsabandiyah di Indonesia beliau juga pimpinan Dzikir TQN PPS Sirnarasa. Beliau sangat konsen berbicara tentang tasawwuf kepada masyarakat.

4. Mang Geo

Mang Geo atau Giovani van Rega, merupakan aktifis literasi Islami asal Bandung yang aktif menulis berbagai buku hingga 40 buku. Banyak sekali penghargaan literasi dan penghargaan sebagai tokoh pemberdayaan masyarakat yang diberikan kepadanya. Beliau juga menulis tafsir Al-Quran yang dikenal dengan Durar Al-Quran.

Beliau Sering membahas di media TV maupun media sosial lainnya. Beliau juga merupakan salah satu tokoh dzikir yang sering mengisi di berbagai majlis ta’lim, perusahaan dan instansi lainnya. Beliau juga sering menjadi motivator dalam dan luar negeri hingga Turki dengan membawa tema-tema akhlaq dan Tasawwuf.

Tinggalkan Balasan