Bandung Zoo Dapat Keluarga Baru Seekor Lechwe dari Afrika

JABAREKSPRES – Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo memiliki koleksi baru. Yakni seekor Lechwe yang berasal dari Afrika yang baru saja lahir.

Lechwe merupakan satwa herbivora yang masih kerabat dengan kijang. Lechwe berasal dari Benua Afrika. Tepatnya di bagian selatan benua tersebut.

Binatang pemakan rumput itu bentuknya mirip seperti kijang. Lechwe jantan memiliki kulit lebih gelap dibanding betina.

General Manager Kebun Binatang Bandung Petrus Arbeny mengungkapkan, satu ekor Lechwe baru itu merupakan anak dari sepasang induk yang sebelumnya sudah ada di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo.

Sehingga sekarang total ada empat ekor koleksi Lechwe. “Jenis kelaminnya yang baru lahir juga belum bisa teridentifikasi. Butuh waktu, tidak seperti kambing,” katanya kepada Jabar Expres.

Lechwe itu ditempatkan di kandang Zona Afrika. Bersamaan dengan satwa lain dari daerah asal yang sama. Seperti waterbuck, gnu, hingga jerapah.

Masyarakat juga diperkenankan untuk melihat koleksi baru itu. Karena kandangnya juga terbuka.

Semenatar itu Marketing Komunikasi (Markom) Kebun Binatang Bandung  Sulhan Syafii menambahkan koleksi kebun binatang yang sudah berdiri sejak 1930 itu ada sekitar 700 an ekor.

Selain hewan endemi Afrika, ada beberapa hewan lain yang juga bisa dilihat. Seperti gajah, orang hutan, singa, merak, maupun landak. “Paling banyak memang jenis burung,” paparnya.

Selain melihat lihat, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan. Tentunya hanya hewan tertentu. Misal memberi makan jerapah, atau menunggangi gajah.

Sementara itu untuk kunjungan ke Bandung Zoo terus mengalami kenaikan sepanjang 2022. “Trennya jelas naik jika dibanding 2021,” cetus dia.

Untuk operasional kebun binatang di 2022 jauh lebih baik dibanding 2021 maupun 2020. Terlebih pada 2021 kebun binatang yang ada di Jalan Tamansari itu pernah sampai tutup 4 bulan.

Sedangkan di 2020 tutup 3 bulan. Maklum karena aturan ketat Pandemi Covid-19.

“Pada tahun lalu  keadaan sudah membaik dan pengunjung sudah banyak yang kembali untuk melihat koleksi satwa di Bandung Zoo,’’ pungkas Sulhan. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan