Jalan Terjal Anies Baswedan di Koalisi Perubahan

JABAREKSPRES – Koalisi perubahan telah sepakat mengusung Anies Baswedan. Ketiga Partai sudah sama-sama menyatakan dukungannya kepada mantan Gubenur DKI itu. NasDem, PKS dan Demokrat, akan segera melakukan deklarasi bersama mengusung Anies Baswedan sebagai Capres.

Belum ada informasi kapan hari baiknya. Tapi Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution mengatakan, ketiga partai sudah tidak ada lagi perdebatan mengenai rencana deklarasi bersama itu.

Untuk melakukan deklarasi, masing-masing partai telah mengirimkan kader terbaik. Mereka membuat rumusan dengan membentuk tim kecil.

Tim kecil ini sudah bekerja secara marathon. Tim kecil ini terdiri dari politisi-politisi handal yang siap meracik dan mengatur strategi kemenangan untuk Anies.

Masing-masing perwakilan dari Tim Kecil juga sudah sepakat untuk mengatur rencana deklarasi bersama koalisi perubahan.

‘’Sudah tidak ada lagi perbedaan yang menimbulkan perdebatan terkait mekanisme untuk melakukan deklarasi mengusung Anies Baswedan,’’ Kata Syahrial kepada wartawan.

Menurutnya, tim kecil sudah berkerja sangat baik, on the track dan mengikuti seluruh aspirasi masyarakat dari masing-masing partai.

Terpisah, Anies Baswedan juga mengaku sangat bersyukur dengan adanya dukungan penuh dari tiga partai yang akan mengusung Anies sebagai Capres.

Setelah ketiga partai berikan kejelasan dengan dukungan penuh, Anies berharap Koalisi perubahan semakin solid dan kuat.

“Selanjutnya, diskusi tim kecil ini akan semakin teknis dan makin solid untuk bersiap menuju perjalanan ke depan,” ujar Anies dikediamannya.

Anies dan Tim Kecil kemudian berencananya bersilaturahmi ke kantor-kantor partai politik pengusung, yakni PKS dan Nasdem jga Demokrat.

Terpisah, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya pernah mengatakan, deklarasi bersama akan segera digelar setelah masing-masing parpol menyatakan dukungannya kepada Anies.

“Ya tentu akan diikuti deklarasi oleh masing-masing partai dulu, abis itu baru momentum deklarasi bersama,” ujar Willy kala itu.

Setelah dua hari PKS menyatakan sikap dukungannya kepada Anies, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dihadapan awak media Paloh mengungkapkan alasannya. Partai Golkar merupakan mitra di koalisi Perubahan dan banyak minyimpan kenangan ketika terjun ke ranah politik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan