Gempa Bumi Terbaru M 5,4 Guncang Papua, Ratusan Orang Mengungsi

JABAR EKSPRES – Gempa bumi terbaru kembali mengguncang Kota Jayapura, Papua pada Kamis (9/2). Gempa sebesar Magnitudo (M) 5,4. Berpusat di 2.60 LS dan 140.66 BT, kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan, terdapat ratusan orang mengungsi dan dibagi menjadi empat wilayah.

“Total ada 700 pengungsi, tersebar di Entrop Kompleks CV Thomas, BTN Kota Jayapura, Kristus Raja Dok V, dan Bhayangkara I,” ujar Muhari.

BACA JUGA : Rp100 Ribu Biaya Vaksin Booster, Budi: “Setelah Masa Transisi”

Muhari mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, BPBD Provinsi Papua, dan instansi lainnya telah bekerja sama membangun pengungsian bagi warga terdampak gempa bumi.

“Kami sudah mendirikan tenda darurat, menetapkan lokasi pengungsian, membuat dapur umum, dan memberikan bantuan dasar bagi pengungsi,” lanjutnya.

“Namun, kami masih kekurangan tenda darurat dan genset,” pungkasnya.

Terdapat empat orang korban meninggal dunia dan lima orang lainnya luka-luka.

Berdasarkan data BNPB pukul 18.17 WIB, kerugian material berupa hancurnya rumah, RSUD Kota Jayapura, masjid, gereja, hotel, dan tenggelamnya sebuah ruko.

Cara Hadapi  Situasi Gempa Bumi

  1. Utamakan perlindungan kepala dan badan dari jatuhnya reruntuhan bangunan.
  2. Segera berlari ke tempat yang aman.
  3. Hindarin tanah yang retak.
  4. Ketika mengendarai mobil, segera turun, dan menjauh. Untuk menghindari terhadinya kebakaran dan dampak buruk lainnya.
  5. Jauhi bibir pantai karena berpotensi tsunami.
  6. Jauhi daerah pegunungan untuk menghindari longsor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan