Meriah! Bogor Street Festival CGM, Ciptakan Harmonisasi Keberagaman, Perkuat Toleransi

KOTA BOGOR – Ajang Bogor Street Festival CapGoMeh (BSF-CGM) 2023 menarik ribuan masyarakat dari beragam lapisan sosial dan budaya yang tumpah ruah. Acara tersebut berlangsung di sepanjang Jalan Suryakencana hingga Jalan Siliwangi, Kota Bogor, Minggu, 5 Februari 2023.

Festival budaya yang masuk dalam salah satu dari 110 acara unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2023 itu menjadi wajah kekuatan keberagaman dan toleransi di Kota Bogor.

Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibyo yang turut melepas parade seni budaya pada festival itu mengaku bangga, melihat antusiasme masyarakat yang bersatu dalam keberagaman dalam satu kegiatan.

Pihaknya mendorong, agar kegiatan serupa dapat terus digaungkan di Kota Bogor. Sehingga dapat menjadi wisata yang menarik banyak wisatawan lokal hingga mancanegara dan dapat membangkitkan perekonomian.

“Saya bangga karena even ini masuk kalender even nasional Kharisma Even Nusantara Kemenparekraf. Semoga semakin banyak even yang masuk dalam kalender pariwisata kita dan kami akan support even-even dengan kearifan lokal ini,” ungkapnya dalam sambutan.

Dirinya menilai, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terbilang sukses dalam membangun kota yang penuh keberagaman dan toleransi. Keberagaman ini, sambung dia, akan menjadi kekuatan yang menyejahterakan masyarakatnya.

“Karena pada akhirnya tidak ada yang lebih indah dari menjaga keutuhan Bhineka Tunggal Ika. Jadi mari kita terus menjaga keberagaman dan terus menjunjung persatuan Indonesia,” dorongnya.

Senada, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil juga menyebut ajang pesta rakyat tersebut, memiliki gairah dalam mendorong masyarakat Jabar, khususnya Kota Bogor untuk bersatu dalam menjaga serta memelihara persatuan dan keberagaman.

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil juga berharap, even tersebut dapat menjadi bukti nyata terjaganya simbol Pancasila yang dikemas dalam bentuk perhelatan seni budaya.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai induk dari Kota Bogor, sekali lagi kami menghaturkan selamat. Ini adalah wajah terbaik di Jabar yang diwakili oleh Kota Bogor dalam menjaga Pancasila menjaga Bhineka Tunggal Ika memelihara keberagaman dalam kedamaian,” tuturnya.

“Akhirnya CapGoMeh di Kota Bogor bisa terselenggara yang saya anggap terbaik di Jabar nilainya 9 dari 10,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan