Daftar Harga Organ Tubuh Manusia Dari yang Termurah hingga Termahal

Melansir dari haveocscope.com, pendonor ilegal ternyata hanya menerima uang berkisar Rp50-60 juta rupiah. Namun, pasar gelap gelap akan menjualnya lebih mahal yaitu berkisar Rp2,7 miliar.

  1. Darah

Daftar Harga Organ Tubuh Manusia Dari yang Termurah hingga Termahal

Penjualan darah darah segar untuk didonorkan bukan hal yang asing lagi di lingkungan masyarakat. Bahkan, siapapun bisa mendapatkan donor darah di berbagai rumah sakit jika membutuhkan transfusi mendesak untuk menyelamatkan nyawa.

Di Indonesia harga satu kantung darah yang berisi 500ml berkisar Rp400 ribu sampai Rp1 juta.

Namun, sekantung darah di Amerika Serikat dihargai lebih mahal yaitu Rp4 juta. Tak jarang darah banyak diperjualbelikan secara ilegal karena harganya yang lumayan mahal.

  1. Hati

organ hati

Hati menjadi salah satu organ tubuh manusia yang bisa diperjualbelikan dan mempunyai harga yang cukup fantastis. Donor hati sangat diperlukan oleh para pengidap penyakit hati yang merenggut 31 ribu nyawa orang Amerika setiap tahunnya.

Sebuah hati dapat dijual sekitar Rp2,1 miliar di pasar gelap dan bisa lebih mahal apabila Anda mendapatkannya secara legal.

  1. Jantung

harga organ jantung

Jantung menjadi salah satu organ tubuh manusia yang mempunyai harga paling mahal. Hal itu karena donor jantung hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah tidak bernyawa dengan riwayat kesehatan yang baik.

Melansir dari futurism.com, harga legal jantung yang didapatkan secara legal di Amerika serikat bisa mencapai Rp16 miliar. Namun, harga jantung di pasar gelap bisa 10 kali lebih murah, yaitu hanya sekitar Rp1,6 miliar.

  1. Paru-paru

harga paru-paru

Organ tubuh yang selalu kita gunakan untuk bernapas ini menjadi salah satu yang bisa didonorkan. Bersyukurlah jika Anda bukan perokok dan tidak menghirup vape, karena kesehatan paru-paru ternyata sangat mahal.

Jika paru-paru Anda rusak, maka satu-satunya cara menyembuhkannya yaitu dengan mentransplantasikan paru-paru baru. Melansir dari laman haveocscope.com, pasar gelap di Eropa ada yang menawarkan sepasang paru-paru dengan harga mencapai Rp4,2 miliar. Harga itu bisa lebih mahal apabila Anda mendapatkan donor yang legal.

  1. Sumsum tulang belakang

harga sumsum tulang belakang

Donor sumsum tulang belakang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai jenis kanker dan kelainan darah agar bisa memperpanjang harapan hidup. Jika proses donor dilakukan dengan benar, kamu tidak akan mengalami rasa sakit, tetapi mungkin ada beberapa efek samping setelahnya.

Tinggalkan Balasan