Keselamatan Kerja Jadi Hal Paling Penting Bagi PLN UP3 Cimahi

Jabarekspres.com – Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi salah satu hal penting bagi PT PLN. Termasuk bagi karyawan PLN UP3 Cimahi.

PLN sebagai perusahaan dengan aspek K3 dengan risiko yang cukup tinggi, maka penerapan K3 harus menjadi bagian dari budaya yang harus melekat pada setiap individu.

Hal itu diungkapkan, Manager PLN UP3 Cimahi Albert Sitompul saat memimpin Apel dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional tahun 2023, di halaman parkir Kantor PLN UP3 Cimahi Jalan Jend. Amir Machmud No.675.

”Kami tekankan bahwa aspek K3 bukan hanya sekedar untuk menggugurkan kewajiban saja melainkan menjadi aspek yang tidak terpisahkan dari dinamika pekerjaan setiap saat,” ungkapnya.

”Untuk itu, momentum Bulan K3 Nasional harus dijadikan refleksi dan evaluasi agar bisa mempertahankan Zero Accident di PLN UP3 Cimahi,” imbuhnya.

Tema Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023 sendiri yaitu “Terwujudnya Budaya K3 guna Mendukung Keberlanjutan Bisnis Ketenagalistrikan”.

Dia mengatakan, pada peringatan Bulan K3 Nasional tahun ini di PLN UP3 Cimahimelakukan sejumlah kegiatan untuk membangun pemamahan K3 bagi masyarakat umum. Khususnya, yang berkaitan dengan ketenagalistrikan.

”Kami melaksanakan sosialisasi komunal dengan beberapa stakeholder seperti pihak pemerintah desa, dan komunitas dengan tema seputar keselamatan ketenagalistrikan,” bebernya.

Dia berharap keselamatan ketenagalistrikan juga bisa disosialisasikan kepada masyarakat umum dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Terlebih listrik sendiri sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

”Semoga di tahun 2023 ini angka kecelakaan kelistrikan di masyarakat umum bisa kita tekan jumlahnya,” tandasnya.

Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 sendiri berlangsung sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2023.

Dalam peringatan itu, dilakukan pula penandatanganan Komitmen K3L yang dilakukan oleh seluruh jajaran manajemen PLN UP3 Cimahi terkait dengan kesiapan untuk melaksanakan pedoman K3L dengan optimal.

Selain itu dilakukan juga dilakukan Lomba Cerdas Cermat antar Unit Layanan Pelanggan (ULP) yang diikuti oleh personel tenaga alih daya Pelayanan Teknik dan juga keamanan untuk memperebutkan sejumlah hadiah menarik.

Kemudian simulasi Tanggap Darurat Kebakaran yang diikuti oleh Tenaga Pengamanan dan juga para karyawan. Kegiatan tersebut diselenggaran dengan kemitraan yang sudah terjalin dengan Damkar Kota Cimahi. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan