Marak isu penculikan, Polisi Imbau Warga Jangan Mudah Percaya Informasi yang Belum Valid

jabarekspres.com – Maraknya isu penculikan anak mejadi perhatian khusus petugas kepolisian. Tak terkecuali pihak Polsek Cimahi Utara.

Isu penculikan anak sendiri sempat viral di media sosial (Medsos) dan WhatApp (WA) grup.

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Cimahi Utara Kompol Yanto B Ruslan mengakui jika isu tersebut membuat keresahan di tengah warga. Termasuk warga di wilayah hukum Polsek Cimahi Utara.

”Sebaiknya masyarakat tidak panik. Tapi tetap selalu mengawasi anak-anak. Jangan anak berada di luar maupun di dalam rumah tanpa pengawasan orang dewasa,” katanya kepada Jabarekspres.com, Senin (30/1).

Dia pun meminta warga untuk selektif dan teliti jika mendapat kabar atau menerima isu yang berkembang terkait penculikan anak.

”Jika mendengar kabar atau informasi yang belum jelas, sebaiknya tidak panik dan jangan mudah percaya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan panik dan takut berlebihan secara tidak langsung dapat mengganggu kondusifitas Kamtibmas.

”Sebaiknya tetap tenang. Tapi tetap lakukan pengawasan yang ketat terhadap anak,” ujarnya.

Selain meminta untuk tetap tenang dan tetap mengawasi anak serta tidak mempercayai begitu saja informasi yang tidak jelas, Yanto juga mengimbau agar memberikan pemahaman terhadap anak supaya tidak mudah terpengaruh pada orang yang belum dikenal.

”Berikan pemahaman kepada anak agar waspada. Apabila melihat orang yang mencurigakan segera lapor petugas terdekat,” pungkasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan