Peduli Lingkungan, Komunitas di Bogor Timur Tanam Pohon di Perbukitan

JABAREKSPRES.COM, BOGOR– Kecamatan Sukamakmur memiliki perbukitan yang cukup luas, untuk itu perbukitan tersebut perlu dijaga dan dilestarikan.

 

Komunitas Pecinta Alam berkolaborasi dengan Pojok Literasi Bogor Timur mengadakan kegiatan penghijauan di wilayah perbukitan Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

 

Gerakan menanam sejuta pohon itu bertujuan untuk mengantisipasi masalah pemanasan global ataupun rawan longsor di wilayah tersebut.

 

Pohon yang ditanamkan diantaranya, Pohon Mindi, pohon manium, pohon ketapang, pohon sengon, pohon sirsak dan pohon jengkol.

 

Ketua pelaksana kegiatan, Bambang Hermawan menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu sinergitas Pojok literasi Bogor timur dan Lintas komunitas pecinta alam. Komunitas yang ada di Bogor bersama para pemuda Desa, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan khususnya di wilayah Bogor Timur.

 

“Melalui penghijauan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, juga untuk keseimbangan dan kelestarian alam,”kata Bambang kepada Jabarekspres.com, Senin (30/1).

 

Sementa itu, Andri Irawan selaku Pendiri Pojok Literasi Bogor Timur, berharap melalui kegiatan ini akan terbentuk Sinergitas antar komunitas dan masyarakat terutama para pemuda di Bogor Timur.

 

Dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan aksi-aksi nyata seperti program kerja bakti dan penghijauan.

 

“Sejatinya menanam pohon adalah menanam kebaikan, melalui kegiatan ini tentu saja harus ada keberlangsungan kedepannya,” ujarnya.

“Baik itu silaturahmi ataupun kerjasama dalam menjalankan program-program komunitas. Yang tentunya untuk kebermanfaatan masyarakat dan lingkungan,” sambungnya.

Tak hanya melakukan penanaman pohon, kegiatan ini juga dapat menjadi contoh untuk generasi yang akan datang bahwasanya apa yang ditanam hari ini akan berbuahkan hasil dikemudian hari.

“Selain sebagai sarana dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahmi kegiatan tersebut juga untuk menjaga dan merawat semangat kegotongroyongan yang menjadi budaya bangsa Indonesia,” katanya.

“Seperti halnya budaya menanam ini, jika terus diterapkan di masyarakat, maka bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa menanam, bangsa merawat, dan bangsa berbagi,” tambahnya.

 

Melalui gerakan Menanam Sejuta pohon ini, masalah pemanasan global ataupun kawasan rawan longsor diharapkan dapat teratasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan