Timbulan Sampah Menggunung Dimana-mana, DLH Jabar Sebut Masalah Ini Jadi PR Bersama

Editor:

Jabarekspres.com – Hingga saat ini masalah sampah, khususya di Kota Bandung masih menjadi persoalan. Terlebih dengan tersendatnya pengangkutan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Akibatnya, hamper disemua Tempat Pembuangan Sementara (TPS) tampak timbulan sampah yang menggung.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Prima Mayanintyas menyebutkan jika persoalan itu merupakan tanggung jawab semua pihak.

”Sebenarnya pengelolaan sampah itu menjadi tanggungjawab kabupaten/kota,” katanya kepada wartawan, Kamis (26/1).

Kendati demikian, Prima mengaku tak ingin menyalahkan kabupaten/kota dalam pengelolaannya, namun dia mempertanyakan upaya pihak kabupaten/kota.

“Sebenarnya sejauh mana mereka (kabupaten/kota) untuk mengurangi. Sekarang trendnya malah naik terus,” ujarnya.

Dia mengtakan, persoalan sampah di Jabar, khususnya Bandung raya, masih menjadi perhatian penting. Bahkan, dalam satu hari saja, TPA Sarimukti dapat menerima sampah dari wilayah Bandung Raya hingga 2.000 ton.

”Paling besar (pengiriman) Kota Bandung, itu bisa 1.200 ton perhari. Jadi coba bayangkan pengiriman ini sudah besar banget,” katanya.

Agar persoalan tersebut dapat segera tertanggulangi, Prima pun meminta kepada seluruh kabupaten/kota dan juga masyarakat untuk bisa melakukan pengelolaan sampah sebesar 30 persen sebelum dikirim ke TPA Sarimukti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *