Harga Ayam Anjlok, Peternak Banyak yang Terlilit Utang

Jabareskpres – Peternak ayam di Indonesia saat ini banyak yang terlilit utang. Sehingga harus menjalani sidang penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU)

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian Nasrullah mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim bersama ombusman untuk memberikan advokasi kepada para peternak.

‘’Jadi kita nanti akan lakukan interversi untuk para peternak yang terlilit utang itu,’’ kata Nasrullah Kepada wartawan, Selasa, (24/1).

Menurutnya, bersama ombusman nantinya akan disusun tim kerja yang akan memberikan perlindungan kepada para peternak yang terlilit utang.

Berdasarkan informasi, para peternak ayam mengalami banyak yang mengalami kerugian akibat harga jual ayam hidup yang mengalami penurunan tajam.

Akan tetapi disatu sisi, untuk harga pakan ayam mengalami kenaikan, sehingga antara biaya produksi tidak seimbang dengan harga jual ayam itu. Akibatnya banyak peternak ayam yang telilit utang dari biaya produksi yang belum dibayar.

Semenatara itu, Direktur Perbibitan Produksi Ternak Ditjen PKH Agung Suganda mengatakan, untuk membantu para peternak membayar utang, pihaknya akan memberikan skema baru untuk pelunasan utang. Sehingga, tidak memberatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *