6 Menu Wajib Nasi Jamblang Yang Melegenda

  1. Tahu Sayur

Ini nih yang membuat Nasi Jamblang akan sedikit berbeda dengan kuliner tradisional biasa. Adanya tahu sayur. Tahu sayur yang dimasak oleh peramu Nasi Jamblang biasanya mewajibkan di tiap penyajian lapak Nasi Jamblang. Dimasak tidak dipotong kecil biasanya satu tahu utuh ditambah kuah yang kalau pun lengkap sayurnya terdiri dari irisan wortel dan kol untuk dengan warna kuah yang coklat kegelapan. Wih..nasi putih diguyur kuahnya bakal memberikan sensasi makan tempo doeloe.

  1. Kentang Tusuk

Baru lengkap jika Nasi Jamblang yang siap disantap menghadirikan kentang tusuk. Kemasannya seperti sate pada umumnya, tapi yang menjadi pilihannya adalah buah kentang mini yang diolah dengan campuran kelapa. Rasanya yang unik menambah tiap gigitan kentang mini membuat nafsu makan penikmatnya akan bertambah. Coba saja…

  1. Ikan Asin

Terakhir ikan asin. Ini dirasa perlu atau tidak perlu jika ke-5 menu di atas sudah terjadi dan siap disantap. Akan tetapi, jika ada ikan asin jambal goreng yang biasanya berada dijajakan pada kantong plastik putih, menambah lengkap dan terpuaskan jika sudah menikmat Nasi Jamblang.

Memang untuk menikmati sesuai selera dan sekarang ini menu khas Nasi Jamblang akan banyak ragam seperti semur daging, sate usus, sayur ikan tongkol,  ayam goreng atau pun udang asam manis. Tapi untuk sekadar syarat wajib, setidaknya penikmat kuliner akan lengkap jika 6 item diatas harus dinikmati bersamaan dengan harga yang relatif terjangkau. Satu porsi pun bisa dihargai cuma Rp 5.000,- dan pastinya khas legenda didapat dan perut kenyang. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan