Alokasi Anggaran PJU Kota Bandung Sebesar Rp 62 Miliar Harus Dibatalkan!

‘’Jadi kalau untuk menekan keamanan seharusnya bukan pake lampu PJU, tapi tinggal aktifkan ronda malam untuk jaga keamanan dan ketertiban,’’ tambah Agus lagi.

Sebelumnnya, pada acara Bandung Menjawab pada 9 Desember 2022 melalui Kabid Prasarana Dishub Kota Bandung Panji Kharismadi pernah mengatakan, Dinas Perhubungan Kota Bandung (Dishub) menadapatkan anggaran dari APBD Perubahan Tahun 2022 sebesar Rp 24 miliar.

BACA JUGA: Yana Mulyana Bangga Warga Miliki Sikap Toleransi yang Tinggi

Kemudian pada APBD muri untuk pengadaan PJU Kota Bandung juga telah dialokasikan anggaran Rp 31 miliar. Sehingga total anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan PJU dan PJL pada tahun 2022 adalah sebesar Rp 55 miliar.

Dalam paparannya Panji menjelaskan bahwa anggaran pengadaan sebesar Rp 55 miliar pada 2021 digunakan untuk pembangunan Penerangan Jalan Lingkungan (PJL) di 150 titik. Sedangkan untuk PJU sendiri dibangun sekitar 69 titik.

Panji mengungkapkan, Sebagian lapu tersebut rencananya akan digunakan pada tahun 2023. Sedangkan anggaran PJU pada 2023 habis digunakan untuk amanat musyawarah perencanaan pembangunan.

BACA JUGA: Banyak yang Hamil Duluan, 143 Remaja Ajukan Dispensasi Menikah

Dia menambahkan, penambahan titik PJU dan PJL didirikan berdasarkan usulan masyarakat melalui camat dan lurah.

Penambahan titik penerangan jalan dilakukan di tempat-tempat yang gelap dan berpotensi terjadi tindak kriminal.

Sementara itu, dalam keterangan rilis Pemkot Bandung yang ditayangkan pada 17 Januari 2023 Panji juga mengatakan, total pembangunan PJU dan PJL pada 2023 akan dilakukan di 475 titik (PJU) dan 3.059 titik (PJL).

BACA JUGA: Babak Belur! Inflasi  Tembus 7,45 Persen, Kenaikan Tarif PDAM jadi Penyebab!

“PJL (dalam Musrenbang) 3.059 titik dan PJU (dalam Musrenbang) 475 titik. Sedangkan PJL (dalam reses) 3.597 titik PJU (dalam reses) 230 titik,” ujar Panji.

Dalam keterangan rilis humas Kota Bandung disebutkan, pemasangan PJU sudah dilakukan antara lain di Jalan Bengawan, Anggrek, Jalan Mangga, Jalan Cidurian, Jalan Samiaji dan Belakang Pasar Ujungberung. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan