Kelurahan Melong Cimahi Gelar Musrembang, Ini Dia Usulannya!

Jabarekspres – Berbagai usulan untuk kelanjutan pembangunan di Kota Cimahi disampaikan dalam Kegiatan Musrembang Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan.

Lurah Melong Dian Rohimat mengatakan, kegiatan Musrembang ini digelar untuk merumuskan persoalan rencana prioritas dan pelaksanaan swadaya masyarakat sebagai bahan untuk dibahas dalam Musrenbang Partisipatif di tingkat Kecamatan.

“Hal ini juga tujuannya untuk menampung musyawarah dari tingkat RW, selanjutnya juga menetapkan prioritas kelurahan yang akan dibiayai oleh APBD Kota Cimahi,’’ujar Dian Rohimat.

Menurutnya, hasil dari Musrembang ini nantinya akan menjadi skala prioritas yang selanjutnya akan di bahas pada tingkat Kecamatan se Kota Cimahi.

Beberapa usulan yang dilakukan Kelurahan Melong adalah pembinaan anggota Linmas agar bisa memiliki keahlian dalam memadamkan kebakaran.

‘’Anggota Linmas juga harus mampu mengusai bagaimana cara mengisi Apar, cara mematikan tabung gas,hal itu untuk meminimalisir kepanikan dari masyarakat bila terjadi kebakaran,” tutup Dian.

Semantara itu Camat Cimahi Selatan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas di gelarnya Musrenbang di kelurahan Melong.

Menurutnya, di Kecamatan Cimahi Selatan  sudah ada lima Kelurahan yang telah melaksanakan diskusi untuk perencanaan pembangunan dan diselaraskan bersama agar terintegrasi dalam perencanaannya.

“Alhamdulillah dari lima kelurahan di Kecamatan Cimahi Selatan semuanya telah melaksanakan FGD, sehingga dilanjutkan dengan Musrenbang,” jelas Asep.

Asep mengatakan, Kleurahan di Kecamatan Cimahi selatan di antaranya Kelurahan Cibeber, Utama, Melong, Leuwigajah dan Cibeurem.

‘’Insyaallah besok yang akan melaksanakan Musrenbang adalah Kelurahan Leuwigajah dan Cibeureum,” ujaemurrnya.

Asep juga telah memantau, kegiatan FGD dan Musrenbang di tiap-tiap kelurahan dapat berjalan lancar, aman dan tentram.

Semenatara itu, Anggota DPRD Kota Cimahi Ehan Rochayati mengatakan, berbagai usulah dari warga Kelurahan Melong sudah disampaikan dama Musrembang tadi.

Dia berjanji akan terus mengawal proses pembangunan yang diusulakan dalam Musrembang dari mulai tingkat Kecamatan sampai kepada proses perencanaan di tingkat Kota Cimahi.

“Kami akan kawal, kalau sudah ada prioritasnya nanti kita lihat SIPD-nya seperti apa, nanti akan kita kawal semuanya,” papar Ehan.

‘’Musrenbang di Kelurahan Melong berjalan lancar, dan usulan-usulan dari tingkat RT dan RW dibahas bersama berdasarkan bidangnya masing-masing,’’ kata dia. (mg2/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan