Jalan Milik Kabupaten Dibiarkan Rusak, Begini Tuntutan Warga!  

BANDUNG BARAT  – Warga Kampung Cisangrongge RT 01 RW 01 Desa Mekarmukti Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengeluhkan jalan berlubang. “Seperti kolam ikan,” kata Yanti, salah seorang warga sekitar, Kamis (19/1/2023).

Menurutnya, jalan rusak di KBB tersebut sering menyebabkan para pengguna kendaraan mengalami kecelakaan karena tergelincir. “Kemarin juga ada yang jatuh di sini (jalan),” tuturnya.

Yanti menyatakan, saat hujan sering sebabkan banjir yang meluap hingga teras rumah warga. “Kalau hujan banjir sampai ke teras rumah warga, karena airnya meluap,” kata Yanti.

 

Bahkan yang lebih parah, ujar dia, jalan dengan status milik kabupaten ini hampir menyebabkan warga adu jotos. Dikarenakan terkena cipratan kubangan air.

“Hampir sebabkan warga bertengkar, ada yang mau ke undangan salah seorang warga, terus pengguna jalan nyepret (kena cipratan), sebabkan warga itu kena air kubangan,” kata Ketua RT 01, Heri saat ditemui di kediamannya, Kamis (19/1/23).

Heri mengatakan jalan itu sudah sering dikeluhkan warga ke pemerintah desa Mekarmukti. Namun pemerintah desa tak bisa berbuat banyak, sebab itu jalan status milik kabupaten.

“Sudah sering dikeluhkan warga, di grup whatsapp juga ke pemdes, tapi gimana lagi, desa juga tidak bisa berbuat apa-apa,” terang Heri.

 

Harap menanti untuk diperbaiki, Heri dan warganya sering menutup jalan rusak tersebut dengan bongkahan batu.

“Sok sering disaeur ku batu (suka sering ditutup sama batu) tapi kalau hujan besar, terus sering dilintasi oleh kendaraan, jadi rusak lagi,” jelas Heri.

“Sekarang sengaja dibiarkan tidak lagi ditutup bongkahan batu, supaya ada yang peduli,” lanjut Heri.

Jalan status kabupaten itu berbatasan antara Desa Cipaten dan Desa Mekarmukti. Namun yang baru diperbaiki hanya jalan desa Citapen.

Menurut Heri hal tersebut sering menyebabkan kecemburuan sosial dari warga.

 

“Itu yang warga heran, sampai suka ramai di grup whatsapp tuh, karena itu, pemerintah desa bukannya gak mau memperjuangkan tapi kan gimana lagi,” bebernya.

Heri berharap jalan tersebut agar cepat diperbaiki, karena jalan itu sering menjadi alternatif warga untuk ke Pasar Mekarmukti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan