BPJS Kesehatan Berikan Penghargaan Kepada RS UKM atas Kepatuhan Layanan Bagi Peserta JKN-KIS

Jabarekspres – BPJS Kesehatan Cabang Soreang memberikan penghargaan kepada Rumah Sakit (RS) Unggul Karsa Medika (UKM) atas kepatuhan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKRTL) 2022.

Direktur Utama RS UKM  Kabupaten Bandung dr. Theresia Monica Rahardjo mengatakan penghargaan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan ini, karena RS UKM dinilai optimal dalam memberikan pelayanan Kesehatan kepada pasien rujukan Kesehatan dari peserta JKN-KIS.

Menurutnya, selama ini RS UKM selalu menekankan pemberian layanan secara optimal tanpa membedakan latar belakang pasien.

“Dan tentunya terbaik ke dua ini kita ada tugas dan tanggung jawab. Yang pertama kita mempertahankan, yang kedua meningkatkan. Tentunya kita ingin menjadi yang terbaik pertama,’’ ujar Theresia Monica.

Meski demikian, untuk mempertahankan kredibilitas terbaik ke dua, menurut Monica merupakan tugas yang harus dilaksanakan dan terwujud.

“Kedepannya Insya Alloh bisa terbaik pertama,”harap dia.

Dalam melakukan penilaian kepatuhan FKRTL, ada beberapa hal yang menjadi indikator penilaian antara lain kesesuaian rumah sakit dalam memenuhi komitmen PKS.

Selain itu harus ada tingkat kepuasan peserta yang mendapat pelayanan, pelayanan kepesertaan (customer service).

Kecepatan respon terhadap keluhan dan adanyainovasi yang dikembangkan rumah sakit dalam memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS.

Selain itu, upaya perbaikan rumah sakit untuk mengurangi keluhan dan meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS juga menjadi poin tambah tersendiri dalam penilaian.

RS UKM dibawah kepemimpinan dr. Monica, sudah melakukan berbagai inovasi peningkatan pelayanan.

Bukan hanya layanan kesehatan, namun juga layanan lainnya seperti mempermudah dan memperpendek  waktu tunggu jalur administrasi, mulai pendaftaran hingga pengambilan obat.

Sementara pada penghargaan itu, terbaik pertama di raih RSUD Cicalengka dengan nilai 99,95, RS Unggul Karsa Medika (RS UKM) 99,72 dan RSUD Otista (Soreang) 99,71.

“Perbedaannya tipis, mudah-mudahan kita bisa menjadi terbaik pertama,”pungkas dr. Monica. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan