Yuk Kenali Masalah yang Biasa Terjadi Pada Panel Speedometer, Berikut Ciri-cirinya

Jabarekspres.com – Panel speedometer merupakan bagian penting dari sepeda motor, karena menampilkan beragam macam informasi tak hanya indikator kecepatan saja, tapi juga ada tachometer, odometer, fuel meter, gear indicator dan beberapa varian speedometer sudah bisa menampilkan tambahan informasi seperti jam digital, average fuel consumption, bahkan bisa memberikan peringatan untuk kapan mengganti oli atau oil change indicator.

 

Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan speedometer berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat digunakan. Saat ini ada dua jenis speedometer yang banyak digunakan pada sepeda motor, yaitu speedometer analog dan digital.

 

“Di era sekarang secara umum panel speedometer digital sudah menggunakan LED sebagai penerangan dan LCD sebagai displaynya,” ujar Ade.

 

Panel speedometer juga terkadang mengalami beberapa masalah di beberapa komponen terutama di bagian layar yang sudah dilengkapi LCD (Liquid Crystal Display) sehingga dapat mengganggu aktivitas berkendara, Di antaranya :

 

  1. Panel Speedometer Ngembun

Tampilan panel speedometer terhalang karena Terdapat uap air atau embun yang menempel di bagian atas mika penutup. Biasanya terjadi ketika sepeda motor habis dicuci atau juga ketika berkendara saat hujan. Penyebabnya kemungkinan karena ada celah antara mika penutup, atau bisa juga terdapat retakan sehingga panas dari mesin menyebabkan air yang masuk ke dalam unit panel speedometer menguap dan tertahan di dalam.

 

Solusinya bisa mengecek bagian speedometer dan memeriksa apalah terdapat celah diantara penutup, atau jika terjadi kerusakan di bagian mika yang berwarna bening, bisa langsung menggantinya. Dan supaya bisa menutup sempurna, disarankan untuk melakukan penggantian kepada ahlinya seperti ke bengkel resmi Honda atau AHASS.

 

  1. Panel speedometer Sunburn

Karena kebanyakan beberapa model terbaru sepeda motor menggunakan panel speedometer tipe LCD, maka masalah seperti Sunburn sering sekali terjadi. Sunburn adalah kerusakan di bagian panel speedometer sehingga ngeblank atau terdapat noda hitam terbakar dan layar tidak memunculkan angka atau informasi lainnya. Kerusakan ini biasanya disebabkan ketika sepeda motor disimpan atau diparkir di ruangan terbuka dan terpapar sinar matahari langsung cukup lama, sehingga menyebabkan panel meter jenis LCD terjadi kerusakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan